28 Oktober 2012 Mulai Penyatuan Zona Waktu

Nasional / 25 May 2012

Kalangan Sendiri

28 Oktober 2012 Mulai Penyatuan Zona Waktu

Lestari99 Official Writer
5203

Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) mengusulkan untuk memulai penyatuan zona waktu di Indonesia pada 28 Oktober 2012 mendatang. Penyatuan zona waktu menjadi Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dianggap memiliki banyak keuntungan dari aspek ekonomi, sistem pendidikan dan kesempatan kerja. Hal ini disampaikan oleh kepala Divisi Humas dan Promosi KP3EI, Edib Muslim dalam seminar di Hotel Sari Pan Pacific, jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (25/3).

“Zona waktu adalah berdimensi kepada persaingan strategi global. Zona waktu itu harus dimulai 28 Oktober 2012, kalau tidak Indonesia akan kalah,” ujarnya.

28 Oktober 2012 menjadi pilihan KP3EI karena berbarengan dengan hari bersejarah yakni Hari Sumpah Pemuda. Alasan kedua, 28 Oktober 2012 tepat jatuh di hari Minggu dan dianggap memiliki beban lebih kecil dibandingkan hari-hari lain. Penyatuan waktu antara Indonesia barat, tengah dan timur diyakini akan dapat mendongkrak 20% PDB Indonesia. Sebab ada angkatan kerja berjumlah 190 juta orang yang akan melakukan pekerjaannya secara bersama-sama.

Pembagian zona waktu Indonesia yang berlaku saat ini ditenggarai membuat Indonesia kalah dengan negara lain dalam hal transaksi bisnis. Seperti jadwal terbang Garuda yang satu jam lebih lambat dari maskapai lain karena adanya perbedaan waktu tersebut. Bursa Efek Indonesia (BEI) juga kalah satu jam dengan bursa efek di Hongkong dan Shanghai China.

Sementara untuk transaksi di Bank Indonesia (BI), para pelaku pasar uang di Papua dan Maluku tidak memiliki waktu yang cukup untuk saling bertransaksi dengan pelaku pasar di daerah Indonesia barat. Karena pusat bursa efek dan perbankan berada di wilayah barat, pelaku bisnis Papua dan Maluku harus merelakan waktunya terbuang dua jam secara percuma menunggu lapak transaksi.

 

Baca Juga:

Sumber : detik
Halaman :
1

Ikuti Kami