Ribuan TKI Mudik Natal dan Tahun Baru

Nasional / 31 December 2012

Kalangan Sendiri

Ribuan TKI Mudik Natal dan Tahun Baru

daniel.tanamal Official Writer
1694

Hari raya natal dan juga tahun baru ternyata sangat dimanfaatkan oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara untuk kembali ke kampung halaman mereka. Mayoritas dari mereka adalah TKI yang bekerja di negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Disebutkan oleh Suyoto, Koordinator Pos Pelayanan Keberangkatan dan Kedatangan TKI, jumlah mereka yang mudik ini mencapai 2.052 orang. Bahkan jumlah ini diperkirakan bakal bertambah hingga hari terakhir 2012. "Jumlah 2.052 TKI yang sudah tiba ini meningkat sekitar 5 persen dibanding tahun lalu," ucapnya di Bandara Polonia Medan, Sabtu (29/12).

Ribuan TKI tersebut  pulang ke tanah air menumpang 21 penerbangan. Setibanya di terminal kedatangan internasional Bandara Polonia, mereka mengisi formulir untuk pendataan. "Kan ditanyakan juga apakah kepulangannya karena cuti atau habis kontrak. Jika dia cuti akan dianjurkan untuk memperpanjang overseas worker ID card," jelasnya.

Salah seorang TKI dari Malaysia, Eliana br Simanjuntak, bahkan mengakui bahwa dirinya memilih mudik karena sudah 3 tahun tidak pulang merayakan Tahun Baru bersama keluarga di kampung halamannya. "Kan aturannya kita bisa pulang setelah tiga tahun bekerja," ujarnya.

 

 


Sumber : merdeka.com
Halaman :
1

Ikuti Kami