Tenggak Obat Batuk, 16 Orang di Pakistan Tewas

Nasional / 29 December 2012

Kalangan Sendiri

Tenggak Obat Batuk, 16 Orang di Pakistan Tewas

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2015

Sebuah insiden naas terjadi di Pakistan. Sedikitnya 16 orang tewas akibat mengkonsumsi obat batuk yang ternyata beracun. Insiden ini terjadi di wilayah industri Gujranwala, Pakistan sebelah timur, atau sekitar 70 km dari kota Lahore, sejak Rabu (26/12) lalu. Sebagian besar korban merupakan para pecandu narkoba yang mencari obat penenang.

"Kami menerima total 54 pasien di rumah sakit, yang mengakui kondisi kesehatannya menurun setelah meminum sirup obat batuk dan 16 orang di antaranya tewas," ujar kepala rumah sakit setempat, Anwar Aman, seperti dilansir AFP, Sabtu (29/12).

Menurut pihak kepolisian setempat, sampel obat batuk tersebut telah didapatkan dari toko-toko obat dan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut. "Kepolisian dan departemen kesehatan telah melakukan penyelidikan atas kematian korban," ucap Azam Mehr, salah seorang anggota polisi.

Kasus semacam ini cukup sering terjadi di Pakistan. Bulan lalu, sedikitnya 19 orang di Lahore tewas setelah meminum obat batuk beracun. Kemudian pada Januari lalu, sekitar 100 pasien tewas di Lahore setelah meminum obat setempat yang ternyata dicampur dengan bahan kimia lainnya.

Sangat disayangkan hal ini terus berulang di Pakistan. Karena itu kepolisian harus bergegas dan bertindak tegas untuk mengusut kasus ini.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami