Diperkirakan 20 Tahun Lagi Robot Pembunuh Tercipta

Nasional / 28 December 2012

Kalangan Sendiri

Diperkirakan 20 Tahun Lagi Robot Pembunuh Tercipta

Lois Official Writer
2673

Laporan Human Right menyebutkan bahwa ada robot pembunuh yang dapat dikembangkan 20 hingga 30 tahun mendatang. Bahkan pengembangannya bisa lebih cepat dari waktu perkiraan tersebut. Robot pembunuh ini bersifat otonom, menurut laman dailymail. Itu artinya, dia bisa melakukan aktivitas tanpa harus dikendalikan atau di bawah otoritas manusia.

Kalangan militer dari seluruh penjuru dunia menyatakan tertarik dengan robot ini karena hal itu. Hal ini juga bisa mengurangi korban manusia saat situasi berbahaya. Siapakah pengembangnya? Amerika Serikat menjadi negara terdepan dalam pengembangan robot ini.

Tapi Human Right Watch menegaskan bahwa robot bergaya Terminator ini harus dilarang, sebelum sebuah negara mulai menggunakannya. Memang robot tersebut dapat menjauhkan manusia dari situasi berbahaya, tapi akan ada aspek negatif robot ini membuat keputusan yang salah. Yang paling berbahaya adalah ketika robot ini tidak dapat membedakan warga sipil dan militer saat berada di zona perang, tegas laporan yang ditulis Harvard Law School International Human Rights Clinic.

Direktur Divisi Senjata Human Rights Watch, Steve Goose, mengatakan bahwa meskipun robot pembunuh ini belum lahir di dunia, cara menghindarinya adalah dengan membuat peraturan yang melarang pengembangan dan produksi robot tersebut. “Jika robot bermasalah, siapa yang bertanggung jawab? Tentu bukan tanggung jawab si robot,” kata Sharkey Noel, professor robotika dari Universitas Sheffield.

Dunia makin kacau. Saat ini memang sudah ada pesawat tanpa awak yang dipakai untuk melancarkan serangan tanpa membuat jiwa seseorang terancam. Namun, perang ini tidak akan ada habisnya jika manusia terus menciptakan sesuatu yang lebih canggih namun lebih menakutkan. Hiduplah dalam damai.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Natal Bermakna Bagi Pasangan, Jika Ada Yesus di Dalamnya

Gigi Copot? Kini Bisa Ditumbuhkan Lagi Lho!

Resep Christmas Fruit Cake yang Menyegarkan

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami