Sosialisasi Penyederhanaan Mata Uang Akan Dimulai Januari 2013

Sosialisasi Penyederhanaan Mata Uang Akan Dimulai Januari 2013

Puji Astuti Official Writer
3163

Pemerintah mulai membuat langkah nyata tentang rencana penyederhanaan mata uang (redenominasi), hal itu dimulai dengan melakukan sosialisai pada Januari 2013 hingga Mei 2013. Hal tersebut mundur dari rencana awal, dimana target sosialisasi adalah bulan Desember 2012.

"Kita harapkan di bulan Januari sampai Mei akan ada sosialisasi dan konsultasi publik yang aktif sekali tentang redenominasi mata uang," demikian ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Rabu (26/12) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan juga resiko jika redenominasi resmi diberlakukan.

"Kita tidak mau masyarakat mengira ini adalah sanering (pemotongan nilai mata uang). Dan untuk masyarakat yang tersebar luas di Indonesia betul-betul harus memahami itu," demikian penjelasan Menteri Keuangan.

Untuk merealisasikan penyederhanaan mata uang ini, di tahun 2013 pemerintah akan memprioritaskan penyelesaian Rancangan Undang-Undangan Jariangan Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) dan redenominasi. Kedua hal tersebut dinilai memiliki peranan penting untuk menghadapi ancaman krisis global yang mungkin terjadi di masa depan.

Melakukan penyederhanaan mata uang bukanlah langkah mudah, banyak masyarakat yang masih belum mengerti benar mengapa dan dampak dari redenominasi rupiah ini. Banyak kekuatiran dari masyarakat jika redenominasi ini dilaksanakan, salah satunya adalah inflasi besar-besaran yang akan semakin memberatkan perekonomian rakyat kecil. Untuk itu pemerintah patut berhati-hati dalam membuat langkah pelaksanaan rencana ini.

Baca juga artikel lainnya :

Natal: Belajar Kesederhanaan & Damai Dari Yesus Sang Raja Damai

Adakah Tempat Di Hati Kita Untuk Yesus?

Indahnya Natal Bersama Keluarga

Resolusi 2013: Diet & Tubuh Lebih Sehat

The Shadow Puppet : Keberanian Ratu Ester Sinaga

Resep Kue Kering Natal Asal Belanda : Jan Hagel

Sumber : Viva.co.id | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami