Nelson Mandela Masih Dirawat Setelah Operasi Empedu & Paru-Paru

Nasional / 17 December 2012

Kalangan Sendiri

Nelson Mandela Masih Dirawat Setelah Operasi Empedu & Paru-Paru

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2761

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang sudah berusia 94 tahun itu masih menjalani rawat inap untuk hari kesembilan pada Minggu (16/12), seiring pemulihan pascaoperasi infeksi paru-paru dan batu empedu.

Istana Kepresidenan Afrika Selatan yang terus mengirimkan perkembangan terkini terkait kondisi kesehatan Mandela yang berusia 94 tahun itu, tidak lagi mengumumkan informasi apa pun sejak Minggu (16/12). Sementara juru bicaranya juga tidak dapat dimintai keterangan.

Dalam konferensi partai pemerintah Kongres Nasional Afrika yang dibuka pada Minggu (16/12) di kota Bloemfontein, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menyanyikan sebuah lagu untuk menghormati Mandela.

Zuma juga menyampaikan harapan agar Mandela cepat sembuh serta mengumumkan bahwa sang mantan presiden tengah menjalani perawatan dengan baik di Rumah Sakit Pretoria.

Mandela adalah pemimpin yang membawa Afrika Selatan menuju rezim demokrasi setelah era politik perbedaan warna kulit (apartheid). Pemenang Nobel Perdamaian itu diterbangkan dari rumahnya di wilayah pedesaan Qunu ke Kota Pretoria pada 8 Desember lalu.

Cucu Mandela, Ndileka, mengatakan kakeknya itu menerima kondisinya. "Dia menerima bahwa itu bagian dari menjadi tua, dan itu proses yang manusiawi," katanya.

Pemimpin anti-apartheid itu sangat rentan terhadap penyakit karena usianya yang renta. Selain itu, selama 27 tahun dipenjara, dia pernah terjangkit TBC. Dia juga berjuang dari infeksi paru-paru yang sama pada Januari 2011. Saat itu, Mandela dites kesehatannya di rumah sakit Johannesburg. Belakangan diketahui ternyata dia terkena infeksi saluran pernapasan akut.

Sumber : berbagai sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami