Polisi Kesopanan Disiagakan di Transportasi Umum

Nasional / 11 December 2012

Kalangan Sendiri

Polisi Kesopanan Disiagakan di Transportasi Umum

daniel.tanamal Official Writer
3020

Banyaknya keluhan dari para wisatawan dan penumpang transportasi umum tentang sikap kasar atau sulit diatur dari sejumlah penumpang membuat pemerintah Prancis bereaksi langsung dengan merekrut ratusan petugas "polisi kesopanan" untuk mengatasi tiap permasalahan yang mengganggu itu.

Salah satu transportasi umum yang kerap menerima keluhan adalah SNCF, sebuah perusahaan kereta api milik negara. "Tujuan perekrutan ini adalah untuk mengatasi perilaku sehari-hari dari kalangan penumpang yang menyinggung atau mengganggu orang lain," ungkap juru bicara SNCF dirilis Huffington Post.

 Polisi kesopanan ini diberi kewenangan dan disiagakan untuk berbicara dan menegur langsung kepada para pelaku yang sering bertindak semaunya untuk lebih lebih menghormati sesama penumpang. Mereka pun dapat menangkap penumpang yang merokok, merusak properti dan meletakan kaki diatas kursi. 

Sebelumnya pemerintah Prancis sendiri telah berupaya keras untuk meredam sejumlah “ketidaksopanan” tersebut dengan memuat sejumlah poster dan himbauan yang ditempel di stasiun dan di dalam kereta untuk mengajarkan sopan santun kepada penumpang. Namun keluhan terus datang melaporkan sikap beberapa penumpang yang berbicara kotor, menelepon dengan suara keras, bermain musik, hingga saling bermesraan.

Terkadang untuk menerapkan kebaikan bersama dan keteraturan dibutuhkan ketegasan dengan berani menindak melalui teguran dan sikap persuasif kepada seseorang yang telah melanggar aturan juga norma sosial. Keberanian ini akan menjadikan kita punya integritas kuat yang menginspirasi orang lain untuk berubah menjadi santun.

 

 

 


Sumber : berbagai sumber - daniel tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami