Kedudukan Vettel Sebagai Juara F1 Terancam Digulingkan

Kedudukan Vettel Sebagai Juara F1 Terancam Digulingkan

Lois Official Writer
1859

Di laman Youtube beredar rekaman yang menunjukkan juara dunia F1 Sebastian Vettel tiga kali berturut-turut menyalip pembalap Toro Rosso Jean-Eric Vergne dalam kondisi bendera kuning di lap awal balapan yang diguyur hujan di Brasil tersebut. Menyalip dalam kondisi seperti itu, bisa membuatnya dianggap melanggar aturan F1 dan ini membuat posisinya berbahaya.

Ferrari sedang mempertimbangkan mengajukan banding ke FIA atas manuver menyalip yang dilakukannya itu. Biasanya, jika terbukti bersalah di saat balapan masih berlangsung maka sang pembalap akan menerima penalty drive-through. Tetapi jika pelanggaran diketahui setelah balapan usai, maka hukumannya adalah tambahan 20 detik dari catatan waktu finis sang pembalap. Jika terbukti bersalah, Vettel tentu saja tidak berada di urutan keenam karena tambahan waktu 20 detik tersebut dan ini membuatnya kehilangan kedudukannya sekarang.

Vettel yang finis di urutan keenam dalam balapan terakhir, membuatnya menang tiga poin dari pembalap Ferrari Fernando Alonso yang finis di urutan kedua waktu itu. Maka bisa dipastikan jika Vettel turun posisi, maka turun pula poin yang didapatnya sehingga hal itu membuat Alonso yang menjadi juara.

FIA sendiri yakin bahwa Vettel tidak melakukan kesalahan dalam Grand Prix Brasil tersebut. “Insiden itu tidak langsung dilaporkan kepada pengawas balapan karena tampaknya pada saat itu tidak perlu untuk melaporkannya,” tutur Norman Howell, Direktur Komunikasi FIA. “Karena Ferrari sudah mengirim surat untuk meminta penjelasan maka kami akan memberikannya kepada mereka,” tambahnya lagi.

Sampai permasalahan ini selesai, Vettel masih dianggap sebagai juara pada Grand Prix F1 musim ini. Jika tidak, Vettel kehilangan gelar juaranya, kehilangan kesempatan untuk menjadi pembalap tujuh tahun berturut-turut seperti Schumacher dan harus memulai dari awal kembali.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Vettel Juara Dunia dengan Rekor Pembalap Termuda

Resep Ratotuille, Bisa Disajikan Untuk Natal Anda

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Investasi yang Diperlukan Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pasangan Merengek Minta Perhatian? Lakukan Cara Ini

Sumber : tribunnews.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami