Para Ilmuan Ungkap Rahasia Kekebalan Tubuh Mumi

Para Ilmuan Ungkap Rahasia Kekebalan Tubuh Mumi

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3274

Di tengah meningkatnya macam-macam penyakit, dunia kedokteran terus berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menemukan sistem kekebalan tubuh yang baik. Salah satunya adalah mencari cara baru melawan penyakit tubercolosis (TBC) melalui riset terhadap 265 mumi.

Dikutip dari AP, sekelompok ilmuan mengungkap rahasia kekebalan tubuh manusia melalui mumi yang dikubur antara 1731 dan 1838 di sebuah ruang bawah tanah gereja Dominika, di utara Hungaria.

Sekira 89 persen dari mumi-mumi itu, bervariasi dari bayi yang baru lahir sampai usia 65 tahun, memiliki tanda pernah terinfeksi TBC dan sekira 35 persen mengidap penyakit ini saat kematiannya. "Kami dapat mengatakan sekira 89 persen dari orang-orang ini terinfeksi TBC atau patogennya ketika masih hidup," terang Head of the Department of Anthropology of the Hungarian Natural History Museum, Ildiko Pap.

"Sistem kekebalan tubuh mereka tampaknya cenderung lebih baik dari kita. Jika bisa menemukan beberapa bagian gen dan menemukan mengapa mereka lebih tahan TBC ketimbang kita, selanjutnya hal itu akan menjadi sumbangan terbesar pada sains pengobatan modern," imbuhnya.

Menurutnya, riset tentang mumi ini bisa mengarah pada pengembangan obat TBC baru atau penemuan perubahan genetik yang mempengaruhi reaksi kita terhadap penyakit.

Sumber : AP,okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami