Cadangan Minyak Indonesia Tersisa 12 Tahun Lagi

Nasional / 29 November 2012

Kalangan Sendiri

Cadangan Minyak Indonesia Tersisa 12 Tahun Lagi

Budhi Marpaung Official Writer
3714

Sebuah fakta mengejutkan dilontarkan oleh Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini ketika mengisi acara Diskusi BP Migas ke SKSP Migas: Dampak, Tindakan dan Langkah ke Depan, Gedung Binasentra, Bidakara, Jakarta, Kamis (29/11).

"Harta kita (minyak) cuma tersisa 4 miliar barel, atau hanya 0,3% dari cadangan minyak di dunia, 1% saja nggak," ujar Rudi.

"Dari 4 miliar barel P1 (cadangan terbukti) minyak kita jika dikurangi produksi kita rata-rata maka minyak kita ini cuma tinggal untuk 12 tahun saja, habis," ungkapnya.

Oleh sebab itu, pungkas Rudi, Indonesia yang saat ini mempunyai cadangan gas yang jauh lebih banyak dari minyak yakni mencapai 100 triliun TCF, sudah seharusnya meninggalkan mengonsumsi minyak.

"Sementara kita punya gas 100 triliun TCF yang cukup selama 44 tahun ke depan. Jadi sudah sepantasnya kita sejak saat ini mulai meninggalkan minyak dan beralih ke gas," jelas Rudi.

Namun begitu, ia menyadari bahwa ada masalah jika rakyat Indonesia menggunakan gas saat ini karena hingga sekarang pipa gas belum banyak terintegrasi dan infrastrukturnya tidak ada.

"Apalagi kita punya cadangan besar gas di Natuna, Bontang, Papua dan lainnya, bagaimana membawanya ke Jawa atau Sumatera tidak akan ekonomis kalau pakai pipa, mau sepanjang apa pipanya dari Papua ke Jakarta? Tidak bisa harus point to point, makanya kita perlu terminal receiving gas yang banyak untuk melayani point to point, tapi semuanya itu belum ada atau belum memadai," terangnya.

Persoalan ini adalah persoalan serius dan karenanya mari kita berdoa kepada Tuhan agar pemerintah diberikan hikmat untuk memecahkan masalah bangsa yang satu ini. Kita harus percaya bahwa dengan campur tangan Tuhan, apa yang kita kuatirkan bersama ini dapat teratasi dengan baik nantinya.

Baca juga : 

Kisah Nyata Gadis yang Dendam Kesumat Kepada Ayah Kandungnya

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Honey, We Need Vacation

Ingin Tubuh Kebal Penyakit ? Ikuti 3 Langkah Ini !   

We Have A Savior, Lagu Natal Indah Dari Hillsong 

Merencanakan Tanpa Tuhan

Sumber : finance.detik.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami