Indonesia Minta Malaysia Lindungi Suporter Timnas

Nasional / 29 November 2012

Kalangan Sendiri

Indonesia Minta Malaysia Lindungi Suporter Timnas

daniel.tanamal Official Writer
3276

Intimidasi pendukung timnas Malaysia yang berujung pemukulan terhadap seorang suporter timnas Indonesia diharapkan tidak meluas ke suporter lainnya untuk membalas. Pemerintah Indonesia sendiri melalui Menteri Pemuda dan Olahraga dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur telah meminta pihak Malyasia agar melindungi suporter timnas.

"Pasti penonton kita juga banyak, penonton Malaysia juga banyak, dan pertandingan itu selalu ricuh. Harapan kita semua dalam semangat persaudaraan. Piala AFF ini kan semangat persaudaraan. Kita harapkan dilakukan pengaturan yang baik,” ujar Menpora Andi Alfian Mallarangeng di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/11).

Sementara itu KBRI sendiri telah melayangkan surat resmi kepada Pemerintah Malaysia terkait kasus pemukulan tersebut dan meminta perlindungan bagi suporter Indonesia. "Kita juga menyurati Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk menjamin keamanan setiap penonton, termasuk suporter timnas Indonesia. Ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Malaysia sebagai pihak penyelenggara," ujar Kepada Bidang Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI KL, Suryana Sastradiredja.

Seperti diketahui sebelumnya beberapa suporter Indonesia, termasuk Ketua BP KNPI di Malaysia, Sagir Alva dipukul oleh suporter Malaysia tanpa alasan yang jelas. Namun hal itu tidak akan menyurutkan dukungan suporter Indonesia untuk terus mendukung timnas. "Bagi kami, mendukung timnas adalah harga mati. Kemenangan timnas Indonesia adalah kemenangan bangsa Indonesia. Tugas dan tanggung jawab kami adalah mendoakan serta mendukung mereka," ungkap sekretaris BP KNPI Malaysia, Tengku Adnan.

Dirinya juga menghimbau agar pendukung timnas Indonesia di Malaysia tetap tenang dan tidak terpancing emosi karena kasus ini. "Jangan ada tindakan balas dan kita serahkan sepenuhnya kepada polisi Malaysia untuk mengusut tuntas serta menindak para pelaku."

Indonesia sendiri akan melakoni partai terakhir di grup B menghadapi Malaysia pada Sabtu 1 Desember 2012 menghadapi Malaysia. Pada laga ini, timnas hanya butuh hasil seri untuk melaju ke semifinal. Sementara itu tuan rumah Malaysia butuh angka penuh untuk memlihara peluang lolos ke babak selanjutnya. Fakta pertandingan inilah yang nampaknya membuat tensi diantara dua kubu mulai memanas.

 

 


Sumber : berbagai sumber - daniel tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami