Israel- Palestina Sepakat Genjatan Senjata, Gaza Tenang

Nasional / 22 November 2012

Kalangan Sendiri

Israel- Palestina Sepakat Genjatan Senjata, Gaza Tenang

Puji Astuti Official Writer
3519

Kondisi jalur Gaza tenang, setelah delapan hari konflik akhirnya Israel dan Palestina menyepakati untuk melakukan genjatan senjata. Pembicaraan damai yang merupakan usulan Mesir ini mendapat tanggapan positif dari Amerika dengan ditandai kehadiran Menteri Luar Negeri Hillary Clinton di Kairo.

"AS menyambut baik kesepakatan gencatan senjata ini. Dalam beberapa hari ke depan, AS akan bekerja dengan para mitra di kawasan itu untuk memperkuat kemajuan ini," demikian pernyataan Hillary saat melakukan konfrensi pers bersama Menteri Luar Negeri Mesir Mohammed Kamel Amr, Rabu (21/11) pukul 19.00 GMT.

Kesepakatan damai ini tercapai setelah Hillary dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon melakukan diplomasi dua arah hingga akhir pihak Israel dan Hamas sepakat untuk menghentikan serangan satu sama lain.

Akibat konflik Israel-Palestina ini, 148 orang Palestina dan lima warga Israel tewas. Selama delapan hari konflik, Hamas telah meluncurkan 1000 lebih roket ke arah Israel namun sebagian besar diantaranya berhasil dihadang oleh system pertahanan anti rudal Iron Dome. Sebaliknya serangan udara Israel tak terbendung dan mengakibatkan berbagai kerusakan di berbagai wilayah Gaza, dikabarkan sekitar 840 terluka dimana 225 diantaranya adalah anak-anak.

Semoga seperti pernyataan Hillary, genjatan senjata ini dapat menjadi awal pembicaraan damai bagi kedua belah pihak sehingga korban jiwa dapat terhindarkan.

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Resep Klappertart, Makanan Khas Manado yang Super Enak

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami