Jokowi Akan Terus Blusukan Selama 5 Tahun

Nasional / 20 November 2012

Kalangan Sendiri

Jokowi Akan Terus Blusukan Selama 5 Tahun

daniel.tanamal Official Writer
3001

Menanggapi permintaan Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso agar Joko Widodo menghentikan blusukan ke kampung-kampung, mantan walikota Solo tersebut justru menjawab bahwa dirinya akan terus melakukan blusukan selama dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi menilai bahwa langkah blusukannya itu sebagai kebiasaan itu baik untuk menyentuh masalah dari akar rumput sebagai bagian dari manajemen pengawasan yang dilakukannya. "Kalau saya lima tahun ya akan blusukan terus," kata Jokowi saat dijumpai di gedung Balaikota Jakarta, Selasa (20/11).

Dirinya juga menyatakan bahwa dengan blusukan makan aspirasi masyarakat lebih mudah didengar dan program di lapangan dapat mudah dikontrol. "Saya akan terus begini, ke bawah mendengarkan akar rumput, cek lapangan, cek proyek, kontrol program, dan mendengar aspirasi masyarakat. Kan itu manajemen kontrol yang kita lakukan," ungkapnya.

Sutiyoso sendiri sebelumnya menyampaikan kritik atas kinerja Jokowi dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama. Menurut ketua umum PB PBSI ini, sudah waktunya Jokowi berbuat aksi yang lebih nyata ketimbang kebiasaanya blusukan ke kantong-kantong masalah di Ibu Kota.

Terkadang sebuah kebiasaan baru yang baik, akan terasa sulit diterima oleh pribadi yang lama hidup dari sistem yang mengikat. Saatnya memberikan ruang lebih kepada pemimpin baru yang punya karakter membumi ketimbang berdiplomasi.

 

 


Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami