Awas, Tempat Ini Lebih Kotor dari Toilet
Sumber: Canva

Health / 19 November 2012

Kalangan Sendiri

Awas, Tempat Ini Lebih Kotor dari Toilet

Contasia Christie Official Writer
378

Apa tempat paling kotor di rumah? Dr. Chuck Gerba, salah satu professor dari University of Arizona membuat penelitian tentang penyebaran penyakit di lingkungan tempat tinggal. Studi itu meliputi peralatan rumah tangga dan memastikan berapa banyak bateri yang berkembang di sana. Dia terutama meneliti masalah bakteri seperti E.colidan Staphylococcus aureus.

Dalam studinya dia menemukan bahra rata-rata bakteri yang terdapat di dudukan toilet mencapai 50 per inci persegi, namun angka ini jauh lebih kecil dibanding jumlah bakteri pada peralatan rumah tangga. "Biasanya ada sekitar 200 lebih banyak bakteri di talenan atau alas untuk pemotong dibandingkan dengan dudukan toilet," ungkap Dr. Chuck.

Tidak hanya talenan, spon pencuci piring juga memiliki angka yang fantastik yaitu mengandung 10 juta bakteri per inci persegi. Dengan kata lain, sebuah spon dapur ternyata 200.000 ribu lebih kotor dibandingkan dudukan toilet, dan kain untuk mencuci piring 20.000 lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Penelitian Gerba ini, didukung juga oleh sejumlah kalangan di dunia. "Spon dapur sejauh ini selalu menjadi yang paling kotor," kata John Oxford, profesor ilmu Virologi di University of London dan pemipin di theHygiene Council- sebuah badan internasional yang membandingkan standar ilmu kesehatan di seluruh dunia.

Menjaga kebersihan adalah salah satu langkah paling efektif untuk menjaga kesehatan. Semoga informasi ini dapat membuat kita lebih peka dalam menjaga kebersihan di sekitar kita.

Baca juga artikel lainnya :

Saat Badai Hidup Menerpa Rumah Tangga

Peran Orang Tua Bentuk Anak ' Mental Pejuang '

Pentingnya Beta Karoten Mencegah Kanker

 

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami