Obama Akan Dialog dengan Iran Soal Energi Nuklir

Nasional / 16 November 2012

Kalangan Sendiri

Obama Akan Dialog dengan Iran Soal Energi Nuklir

daniel.tanamal Official Writer
2769

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali menegaskan bahwa dirinya akan memperbaharui diplomasi interaksi dengan Iran dan juga komunitas internasional mengenai masalah penggunaan energi nuklir yang sejak lama selalu alot untuk didiskusikan.

"Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada Iran, saya ingin melihat adanya resolusi diplomatis terhadap masalah itu (nuklir). Saya akan menekan proses dialog untuk Iran dan komunitas internasional. Masih ada cara lain dan waktu bagi kita semua untuk menyelesaikan masalah ini secara diplomatis," ujar Obama, dirilis AFP, Kamis (15/11).

Presiden yang kembali terpilih untuk kedua kalinya ini juga menyinggung sanksi yang dijatuhkan negaranya dan Barat terhadap bank-bank dan perdagangan minyak mentah Iran. Menurut Obama, sanksi itu adalah sanksi terberat yang pernah ada dalam sejarah. 

"Ada jalan bagi mereka untuk dapat memanfaatkan energi nuklir dengan damai dan sesuai dengan aturan internasional. Mereka juga harus meyakinkan komunitas internasional bahwa mereka tidak berniat untuk membangun senjata nuklir," paparnya.

Pemerintah Iran sendiri melalui Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi merespon bahwa segala bentuk dialog antara Iran dan AS, harus mendapat persetujuan dari Pemimpin Tertinggi Ayatullah Ali Khamenei. Hingga saat ini Iran tetap melanjutkan program nuklirnya meski  mendapat tentangan dari negara barat untuk menghentikannya.

Perdamaian dan keamanan dunia harus menjadi prioritas tiap pemimpin dunia agar kelangsungan hidup manusia dapat terjaga tanpa adanya anasir jahat yang mau memecah belah.

 

 

 


Sumber : okezone - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami