Kegembiraan di Hari Pahlawan, Kartu Jakarta Sehat Diluncurkan

Nasional / 10 November 2012

Kalangan Sendiri

Kegembiraan di Hari Pahlawan, Kartu Jakarta Sehat Diluncurkan

Lois Official Writer
2543

Kartu Jakarta Sehat yang menjadi salah satu program utama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Joko Widodo dan Basuki T. Purnama resmi direalisasikan pada 10 November 2012, hari ini. “Benar, program layanan kesehatan Jakarta Sehat tersebut akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Pahlawan,” kata anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, Kamis (8/11).

Ada dua hal yang akan ditekankan dalam Kartu Sehat selain pengobatan gratis yaitu tindakan preventif dan promotif. “Tindakan preventif itu mengacu pada upaya pencegahan warga dari sakit sedangkan promotif itu sifatnya sosialisai atau penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat soal hidup sehat dan bersih. Bisa jadi pengetahuan dasar tentang penyakit warga akan mengerti dengan adanya upaya seperti ini,”jelas Rio.

Adapun program Kartu Jakarta Sehat ini diperuntukkan bagi semua warga Jakarta tanpa pengecualian. “Semua warga baik kaya maupun miskin dapat layanan kartu ini asal mau berobat di kelas tiga,” katanya lagi. Ada sekitar 4,7 juta warga Jakarta yang akan terlindungi oleh layanan Kartu Jakarta Sehat ini dan kartu itu dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan secara penuh dan gratis pada segala jenis penyakit, tidak termasuk kosmetik atau untuk kecantikan.

Namun untuk tahap pertama, pembagian kartu sehat itu diberikan kepada warga yang sangat bergantung pada penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) saat mengakses layanan kesehatan. Ada enam kelurahan yang jadi prioritas yakni kelurahan kumuh dan padat penduduk. “(Kelurahan) Tanah Tinggi, Bukit Duri, Manggarai, Pademangan Timur, Marunda, dan Tambora juga ya sepertinya yang berpotensi mendapatkan kartu sehat itu lebih awal,” jelas Rio lagi.

Bagi Anda yang merupakan penduduk dengan KTP Jakarta, Anda sudah bisa menerima layanan ini. Tentu dengan adanya layanan ini, uang dapat dialokasikan ke area lain namun jika Anda mampu membayar biaya kesehatan ada baiknya biaya yang sudah dikeluarkan pemerintah ini dapat digunakan untuk mereka yang lebih membutuhkan.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Antar Hutang Budi dan Cinta Pada Pasangan

Resep Klappertart, Makanan Khas Manado yang Super Enak

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

Sumber : mediaindonesia.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami