Beberapa Kasus Kesehatan yang Buat Heboh Indonesia

Fit & Charming / 9 November 2012

Kalangan Sendiri

Beberapa Kasus Kesehatan yang Buat Heboh Indonesia

Lois Official Writer
12591

Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang fit dapat menunjang kegiatan seseorang, namun apa jadinya jika tubuh menjadi sakit dikarenakan masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Baik bayi sampai orang yang sudah dewasa, jika tubuhnya tidak fit maka tidak akan tampil prima. Karena itu, ini dia beberapa kejadian heboh yang terjadi di Indonesia mengenai kesehatan :

Susu Formula Berbakteri

Kasus ini mencuat sejak Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian tentang bakteri E.sakazakii pada tahun 2006 dan menemukan kontaminasi pada beberapa merk susu formula. Para peneliti mengungkapkan studi ini bukan pengawasan sehingga tidak etis membeberkan merk susu yang digunakan. Penelitian ulang pun dilakukan pemerintah terhadap 47 merk susu untuk bayi 0-6 bulan dan hasilnya aman. Kasus ini membuat masyarakat resah karena bakteri E. sakazakii bisa memicu radang selaput otak atau meningitis yang mematikan.

UU untuk Tembakau Ada yang Hilang Ayatnya

Ayat tentang tembakau dalam UU kesehatan hilang dan beberapa pihak beranggapan industri rokok turut terlibat dalam hal ini meski belum diketahui dengan pasti siapa pelakunya. Ayat 2 pasal 13 yang sempat hilang itu berbunyi : “Zat adiktif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi tembakau, produk yang mengandung tembakau padat, cairan dan gas yang bersifat adiktif yang penggunaannya dapat menimbulkan kerugian bagi dirinya dan/atau masyarakat sekelilingnya.”

Penggunaan Alat Kontrasepsi KB

Alat kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah penduduk dan menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Tapi beberapa kelompok agama militan menentang hal ini karena dianggap menolak anugerah atau berkah dari Tuhan. Padahal kontrasepsi digunakan untuk memberi jarak antar kehamilan agar anak bisa diurus dengan baik dan menghindari aborsi ilegal akibat kehamilan yang tidak diinginkan.

Masalah-masalah ini mengguncang dunia kesehatan di Indonesia sehingga bikin geleng masyarakat. Karena itu, kita perlu memperhatikan apa yang kita makan, apa yang kita perbuat, atau apa yang terjadi di sekitar kita. Jangan lupa olahraga dan melakukan aktivitas yang menyehatkan.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami