Palestina - Israel Gembira Menyambut Kemenangan Obama

Palestina - Israel Gembira Menyambut Kemenangan Obama

Lois Official Writer
1772

Obama akan kembali negara adidaya itu hingga empat tahun ke depan. Ternyata tidak hanya Amerika yang merasa gembira, negara-negara lain pun menyatakan kegembiraan mereka. Arab yang merupakan mayoritas Islam gembira akan hal ini, begitu juga Israel dengan mayoritas Yahudi mengucapkan selamat.

“Kemenangan Obama adalah harapan sebagian besar masyarakat di Timur Tengah. Dunia Arab menyambut baik,” kata analis politik Mesir, Ahmed Refai. Berbagai jaringan televisi di dunia Arab menghentikan sementara tayangan regulernya untuk menyiarkan kemenangan Obama ini.

Rakyat Palestina yang mendambakan kemerdekaan juga dilaporkan gembira kemenangan Obama dan mengharapkan kemerdekaan negara Palestina berdaulat dapat terwujud dalam periode kepemimpinan Obama ini. “Obama hendaknya mewujudkan kemerdekaan Palestina dan Yerusalem adalah ibukota abadi Palestina,” kata anggota juru runding Palestina, Saeb Erekat.

Meskipun berseteru dengan Palestina, Israel pun mendukung kemenangan Obama. Wakil Perdana Menteri Israel, Silvan Shalom mengucapkan selamat kepada Barack Obama atas kemenangannya itu. “Pemerintah AS telah mendukung Israel dalam bidang politik, keamanan, dan ekonomi karena kami memiliki kepentingan dan nilai-nilai bersama,” kata Shalom kepada radio publik. Namun, hubungan antara Obama dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sendiri tegang meskipun dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat Israel berusaha menekankan bahwa masa jabatan kedua Obama tidak membuat hubungan bilateral kedua negara memburuk.

Nampaknya Obama membuat kedua negara yang saling bertentangan itu mendukungnya dan ini suatu hal yang luar biasa. Entahkah kemana Amerika akan dibawa oleh Obama, namun kita harapkan yang terbaik.

 

Baca Juga :

Makan Buah dengan Kulitnya? Cuci Dulu Dengan Ini

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Pola Allah

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Antar Hutang Budi dan Cinta Pada Pasangan

Resep Klappertart, Makanan Khas Manado yang Super Enak

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami