Bersiap Jadi Pahlawan Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Single / 6 November 2012

Kalangan Sendiri

Bersiap Jadi Pahlawan Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6684

Menurut kamus Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau bisa juga pejuang yang gagah berani. Itu artinya, pahlawa bukan saja mereka yang telah gugur di medan perang untuk merebut kemerdekaan Indonesia, melainkan siapa saja yang mau berkorban dan membela kebenaran.

Sebagai seorang single, penting bagi kita untuk memiliki mental seorang pahlawan. Hal ini tentu saja bukan untuk mencari muka, melainkan mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk melatih karakter ini :

Andai Aku Menjadi…

Salah satu stasiun televisi pernah menayangkan acara yang berjudul “Andai Aku Menjadi”. Pada program tersebut, kita diajak untuk menjalani profesi tertentu sekaligus merasakan kehidupan kaum marginal. Banyak peserta yang akhirnya menangis haru saat menjalani kehidupan “sementara” mereka tersebut. Walaupun tidak menjadi peserta dalam acara tersebut, namun kita bisa mengembangkan sikap peka terhadap lingkungan sekitar.

Coba bayangkan bagaimana jika kita berada di posisi orang itu, apa yang harus kita lakukan dan apa yang akan kita lakukan? Tidak hanya berhenti pada simpati, kita pun harus memiliki inisiatif untuk menolong atau mengubah keadaan itu.

Teladani sekaligus Melayani Kristus

“… Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”. (Matius 25:40)

Sebagai orang percaya, sudah seharusnya kita meneladani sikap Yesus. Dimana Yesus selalu mau membuka diri untuk bergaul dengan siapa saja dan tentunya melayani / menolong mereka yang membutuhkan.

Dasari dengan Kasih

“Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.”

Paulus dengan jelas menyatakan bahwa apapun yang kita lakukan tanpa kasih adalah hal yang sia-sia. Karena itu, memiliki mental pahlawan pun harus didasari kasih kepada Tuhan dan kepada sesama.

Mulai dari Langkah Kecil

Segala sesuatu harus dimulai dari langkah kecil, termasuk untuk melatih mental pahlawan. Jangan buru-buru untuk melakukan perubahan besar, tapi cobalah melakukan perubahan kecil yang dimulai pada diri sendiri seperti belajar mandiri, bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Tidak hanya berdampak pada diri sendiri, perubahan ini juga akan berdampak pada orang lain.

Dengan melatih mental seorang pahlawan, kita telah mempersiapkan diri untuk menjadi pahlawan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

 

Sumber : jawaban.com/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami