Beberapa Faktor Yang Bisa Jadi Hambatan Pemilu Presiden AS

Nasional / 5 November 2012

Kalangan Sendiri

Beberapa Faktor Yang Bisa Jadi Hambatan Pemilu Presiden AS

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
3538

Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) tinggal satu hari lagi. Pada hari Selasa 6 November 2012 nanti kurang lebih 90 juta penduduk AS akan memberikan suaranya dalam pemilu presiden.

Tidak seperti tahun 2008 rakyat AS sudah bisa memprediksi Obama yang akan terpilih sebagai presiden pada masa itu. Namun tidak demikian pada pemilu presiden AS pada 2012 ini, polling akhir dari Colombus Dispatch, Ohio, keluar Minggu lalu. Obama hanya unggul 2 persen dari Romney, 50 persen melawan 48 persen.

Selama beberapa kali pemilu Amerika tidak ada masalah dalam sistem maupun mekanisme pemilu. Namun berbeda dengan pemilu 2012 ini sekarang semua yang bisa mengarah pada kesalahan bisa benar-benar terjadi dan berakhir dengan kesalahan," kata Ketua Senat Komite Kehakiman dan penulis buku Electoral Dysfunction: A Survival Manual for American Voters, Victoria Bassetti, seperti yang dikutip oleh NBC News, Senin, 5 November 2012.

Bassetti mencatat, kampanye pendukung dari Presiden Barack Obama dan calon presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, demikian ketat dan bisa berujung pada sengketa di pengadilan jika hasil pemilu terlalu dekat.

Selain itu ada beberapa faktor lainnya yang bisa jadi hambatan untuk pemilu AS kali ini:

1. Dampak Badai Sandy mempengaruhi penghitungan suara nasional dalam pemilihan presiden.

Kerusakan akibat badai Sandy yang terjadi akhir pekan lalu mengakibatkan ratusan TPS (tempat pemungutan suara) di New Jersey tanpa listrik.

Sabtu lalu, Gubernur Chris Christie mengumumkan bahwa kemungkinan mereka akan men-download surat suara dari website negara dan mengembalikannya melalui e-mail. Namun, beberapa ahli telah memperingatkan bahwa sistem ini dapat menyebabkan gangguan oleh hacker.

2. Banyaknya pemilih yang memilih melalui surat suara pos membuat pemenang pemilihan pada malam pemilu tidak bisa segera ditentukan.

"Ada kemungkinan kita tidak akan tahu mana calon yang memenangkan pemilihan presiden di Ohio karena adanya surat suara sementara via pos,” kata Edward Foley, ahli undang-undang pemilu dan profesor hukum di Ohio State University.

3. Kesalahan cetak surat suara dan kurangnya jejak kertas yang bisa terbaca di mesin penghitung suara.

Masalah ini sudah muncul di Florida pada pemilihan sebelumnya. Sekitar 27 ribu surat suara absen di Palm Beach County, tidak dapat dibaca oleh mesin suara yang diakibatkan adanya kesalahan pencetakan.

 

Baca Juga :

' Sandy ' Membuat Amerika Berduka Menjelang Pesta Demokrasi

Karakteristik Orang Yang ' Finishing Well '

Belajar Dari Para Pahlawan Daud

Sumber : banyak sumber by jp.simamora / jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami