Koshik, Gajah Asia yang Bisa Bahasa Korea

Nasional / 4 November 2012

Kalangan Sendiri

Koshik, Gajah Asia yang Bisa Bahasa Korea

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2728

Fantastik! Koshik, gajah penghuni kebun binatang di Korea Selatan ini mampu mengucapkan lima kata dengan suara mirip manusia.  Gajah berusia 22 tahun ini bahkan mampu menyimak dan paham percakapan manusia.

Kehebatan gajah ajaib ini untuk meniru ucapan manusia diduga bermula saat dia masih berusia lima tahun dan sering menghabiskan waktu bersama pelatihnya. Lima kata yang dikuasainya dengan baik adalah annyong, anja, aniya, nuo, dan choah, bahasa Korea yang berarti: halo, duduk, tidak, berbaring, dan baik.

Peneliti Angela Stoeger, seorang ahli dalam komunikasi gajah, mengatakan, perkataan manusia memiliki dua aspek penting, pitch dantimbre. "Kemampuan Koshik itu luar biasa, mengingat ukuran besar, saluran vokal yang panjang, dan perbedaan anatomi lainnya antara gajah dan manusia," katanya. "Menariknya, Koshik mampu mencocokkan keduanya. Ini luar biasa, mengingat perbedaan anatomi antara gajah dan manusia."

Meskipun Koshik terlihat "cerdas", para ilmuwan tidak berpikir bahwa dia benar-benar mengerti apa yang dia katakan. Mereka menambahkan bahwa Koshik adalah satu-satunya binatang berkulit tebal yang mampu menjadi peniru suara manusia yang baik. 

Sumber : detik/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami