Badai Sandy Jelang Halloween Berganti Frankenstorm

Nasional / 31 October 2012

Kalangan Sendiri

Badai Sandy Jelang Halloween Berganti Frankenstorm

Lois Official Writer
2177

Badai besar yang terjadi di Amerika sejak Senin dinihari (29/10) berasal dari pusaran badai di Atlantik yang berbentuk huruf S jika dilihat dari atas. Nama Sandy sendiri diberikan oleh Organisasi Meteorologi Dunia. Namun, menurut situs berita USA Today, seharusnya nama Sandy tidak dipakai lagi untuk badai ini sebab telah menimbulkan banyak kerusakan.

Muncullah nama Frankenstrom yang diberikan oleh James Cisco, peramal cuaca dari Hydrometeorological Prediction Center, College Park, Maryland. Adapun alasan Cisco memberikan nama itu dikarenakan badai datang bercampur dengan topan di kala bulan purnama dan menjelang Halloween.

Kepala cabang National Hurricane Center, James Franklin mengatakan Frankenstorm bukanlah nama resmi. “(Badai itu) akan selalu Sandy,” kata Franklin. Di kalangan masyarakat sendiri, Sandy lebih dikenal dibandingkan Frankenstorm. Hal ini terlihat di Twitter.

Pada hari kedua terjangan Sandy, sejumlah negara bagian Amerika Serikat telah menyatakan status darurat seperti Maryland, New York, Pennsylvania, Virginia, Washington DC, dan beberapa bagian di North Carolina. “Sekitar 60 juta orang merasakan dampak badai ini,” tulis CNN. “dan pemerintah meminta ratusan ribu warganya meninggalkan rumah mereka untuk berlindung.”

Badai yang telah menelan korban jiwa ini memang mengacaubalaukan kegiatan yang seharusnya berjalan di Amerika, terutama di daerah yang sudah menyatakan status darurat seperti New York. Sekolah-sekolah diliburkan, kantor-kantor ditutup, tidak ada kegiatan normal yang bisa dilakukan. Kiranya badai ini cepat berlalu dan tidak menambah korban jiwa lagi.

 

Baca Juga :

7 Makanan Ajaib Pengusir Penyakit Musim Pancaroba

PDKT dengan Keluarga Pasangan

Natal dan Baksos dengan Oma Opa Panti Werdha Milenia

Chord Lagu : Indonesia Bagi Kemuliaan-Mu

Makan Buah dengan Kulitnya? Cuci Dulu Dengan Ini

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami