Ibu Tertua AS, Melahirkan di Usia 61 Tahun

Serba-Serbi Sehat / 29 October 2012

Kalangan Sendiri

Ibu Tertua AS, Melahirkan di Usia 61 Tahun

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5763

Walaupun usianya sudah mulai senja, namun kegigihan wanita Brasil ini sungguh luar biasa. Selama 30 tahun, Antonia Asti berusaha keras untuk mempunyai anak. Akhirnya setelah ia menginjak usia 61 tahun, pensiunan sekretaris itu berhasil melahirkan anak kembar, Sofia dan Roberto.

Atas pencapaiannya itu, Asti resmi menjadi ibu tertua di Amerika Selatan. "Saya merasa yakin mampu membesarkan anak-anak," katanya dengan percaya diri.

Keberhasilan Asti bermula ketika ia dan sang suami Joe, menggunakan emrio beku berumur 10 tahun untuk memperoleh keturunan. Setelah beberapa kali percobaan, baru pada percobaan keempat embrio itu sukses diinseminasi. "Saya merasa begitu bahagia. Yang selama ini saya inginkan adalah menjadi seorang ibu dan impian itu akhirnya bisa terwujud menjadi nyata, setelah bertarung begitu lama," ujar Asti.

Sebelum menggunakan embrio beku, 10 tahun lalu, pasangan dari Sao Paulo, Brasil ini sudah mencoba inseminasi buatan (IVF). Namun usaha itu gagal. Mereka kemudian mencoba mengadopsi anak, tapi tidak mendapat izin karena dianggap sudah terlalu tua untuk mengasuh anak angkat.

Menurut ahli kebidanan Dr Orlando de Castro Neto, usaha tersebut sebenarnya dilakukan sebagai upaya terakhir Asti.  "Ia ingin menggunakan mereka (embrio beku) sebagai cara baru dan upaya terakhir," ungkapnya.

Bayi kembar itu akhirnya dilahirkan dengan bantuan operasi Caesar, saat berumur 31 minggu pada Kamis (25/10). Keduanya masing-masing memiliki berat 0,907 kg, sehingga harus dirawat di rumah sakit hingga mencapai berat badan yang ideal.

Asti benar-benar memahami arti kalimat jangan menyerah. Karena jika saja dia menyerah 10 tahun yang lalu, maka dia tidak akan menjadi seorang ibu seperti saat ini.

Sumber : beritasatu/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami