GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Rindukan Natal di Gereja

Internasional / 28 October 2012

Kalangan Sendiri

GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Rindukan Natal di Gereja

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3014

GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia, hari ini (28/10) kembali menggelar ibadah di depan istana Negara. Mereka menuntut agar gerejanya dibuka kembali pada Natal 2012.

Ibadah dipimpin oleh Pendeta Erwin Marbun dari HKBP Filadelfia. Erwin menegaskan jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia adalah bagian dari Indonesia lengkap dengan segala haknya yang dilindungi UUD 1945. 

"Sama seperti para pemuda yang 84 tahun yang lalu mengikrarkan Sumpah Pemuda, jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia pun mengaku bertumpah darah satu, berbangsa satu dan berbahasa satu: Indonesia! Itulah ikrar kita saat ini, menegaskan bahwa kita juga Indonesia. Tak ada hak kita yang dijamin konstitusi boleh dikurangi negara, termasuk hak kita beribadah di gereja kita sendiri masing-masing yang sah sesuai agama dan kepercayaan kita,” tukas Erwin seperti dikutip dari Beritasatu.

Dalam ibadah hari ini, Nia Sjarifudin dari Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika menegaskan Indonesia harus terus melindungi semua warga negaranya tanpa kecuali.  "Anda dan saya sama tak terkecuali di depan hukum. Presiden harus memastikan bahwa putusan pengadilan tertinggi atas gereja GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia harus dijalankan," kata Nia berorasi.

Beberapa mahasiswa dari Universitas Pakuan Bogor dan Universitas Bung Karno bergabung dalam ibadah. Sebuah poster dibentangkan jemaat, sebagai tanda Hitung Mundur Pembukaan Kedua Gereja. 

"Lima puluh delapan hari dari hari ini, tepatnya pada Selasa 25 Desember 2012, jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia harus sudah mulai beribadah di dalam gereja masing-masing yang sah. Cukup sudah kami diusir di dua kali Natal sebelum ini," kata Bona Sigalingging, Juru Bicara GKI Yasmin.

Setelah ibadah, kedua jemaat bergabung ke acara yang digelar Komnas Perempuan yang bertajuk "Bhinneka itu Indonesia" yang digelar di Galeri Nasional, Jakarta. Perwakilan dari kedua gereja memberikan testimoni dalam acara yang digelar untuk memperingati Sumpah Pemuda itu.

 

Sumber : beritasatu/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami