Ini yang Harus Diperhatikan Saat ke SPBU

Nasional / 26 October 2012

Kalangan Sendiri

Ini yang Harus Diperhatikan Saat ke SPBU

Lois Official Writer
4779

Sebuah sepeda motor dan mobil terbakar di SPBU Jalan Pangeran Jayakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Kamis (25/10) kemarin. Kebakaran diduga karena mesin sepeda motor tidak dimatikan terlebih dahulu sewaktu mengisi bensin. Diduga karena bensin tumpah dan terkena percikan api dari busi, motor tersebut langsung terbakar. Api kemudian menyambar mobil Daihatsu Xenia yang juga tengah mengisi bensin, dan satu mesin pompa bensin.

“Sempat ada ledakan kecil, tapi bisa dipadamkan Damkar. Syukurnya ga nyambar ke tangki penyimpanan bensin, jadi yang kebakar cuma satu pom pengisian saja. Kalau pengendara motor, waktu kebakar dia langsung kabur,” jelas Slamet (31), petugas keamanan SPBU di Jalan Pangeran Jayakarta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kita seringkali mengabaikan keselamatan saat mengisi bensin. Untuk itu, jawaban.com memberikan beberapa hal yang boleh ataupun tidak boleh dilakukan saat mengisi bensin :

- Merokok saat sedang mengisi bensin? Tentu berbahaya sekali apalagi api yang berada di ujung rokok mudah sekali terbawa angin sehingga masuk ke bahan bakar dan membakarnya dengan mudah.

- Pelajaran dari kejadian di atas, jangan lupa untuk mematikan mesin sebelum bahan bakar minyak diisi ke dalam kendaraan Anda.

- Jangan coba-coba terima panggilan telepon ketika Anda sedang mengisi bensin. Uap bensin yang banyak di udara dan sedikit percikan akibat bergesekan dengan sinyal telepon dapat menyebabkan api berkobar.

- Usahakan untuk tidak mengisi bensin saat SPBU sedang isi BBM yang terdapat di mobil bertangki bensin.

- Jauhkan dari sinyal apapun seperti televisi portable dan jauhkan dari hal-hal yang bisa menyebabkan datangnya api.

Karena ini sangat penting bagi nyawa, maka jangan melakukan apa yang dilarang sehingga saat mengisi bensin merupakan kejadian yang aman.

 

Baca Juga Artikel Populer Lainnya :

Resep Tuna Tartar Ala Chef Will Meyrick

MenemukanMu, Lagu Unik yang Perlu Anda Dengar

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Cara Menghilangkan Bau Pada Kambing

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami