7 Makanan Ajaib Pengusir Penyakit Musim Pancaroba

Fit & Charming / 26 October 2012

Kalangan Sendiri

7 Makanan Ajaib Pengusir Penyakit Musim Pancaroba

Lois Official Writer
7795

Perubahan musim kemarau menjadi musim hujan terkadang sangat mengganggu aktivitas kita, terutama jika kita tidak menyediakan payung ataupun melakukan persiapan tubuh sehingga sakit. Masa pancaroba biasanya berlaku pada Oktober sampai Desember. Hal ini ditandai dengan tingginya frekuensi hujan deras disertai guruh dan angin kencang. Agar tubuh tetap kuat dan sehat, ada tujuh makanan ajaib yang bisa Anda konsumsi untuk membantu melawan penyakit yang didatangkan oleh pancaroba ini, yaitu :

Apel

Antioksidan yang terkandung dalam satu buah apel sama dengan 1500mg vitamin C, karena itu apel dimakan sebagai sumber antioksidan dan mencegah flu datang.

Blackcurrant

Polifenol dan senyawa tanaman (anthocyanin) yang ditemukan dalam blackcurrant secara signifikan dapat meningkatkan sirkulasi vena. Daunnya bersifat anti-inflamasi dan detoksifikasi. Blackcurrant juga sering dimasukkan dalam komposisi resep untuk meningkatkan sirkulasi darah. Rebus 2-3 cangkir blackcurrant per hari dengan 5g daun blackcurrant kering dalam 1 liter air mendidih.

Cengkeh

Cengkeh mengandung 60-90% eugenol yaitu senyawa anti-inflamasi,anti-bakteri, dan anti-nyeri. Cengkeh adalah tumbuhan yang cepat meredakan sakit gigi. Ketika gigi sakit, kunyahlah cengkeh 3-4 kali sehari sampai gigi yang sakit dicabut oleh dokter gigi. Selain dikunyah, cengkeh juga bisa dihancurkan dan dibubuhi pada gigi yang sakit tersebut.

Cranberries

Cranberries merupakan probiotik alami yang membantu memperbanyak bakteri baik dalam tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang terbawa dari makanan. Kandungan antioksidan pada cranberries lima kali lebih banyak dibandingkan brokoli.

Lemon

Lemon sangat baik untuk sakit tenggorokan karena mengandung asam sitrat, vitamin C (50 mg per 100 g), bersifat anti-inflamasi dan anti-septik yang mampu melawan tonsillitis, faringitis, dan sakit tenggorokan lainnya.

Pepaya

Pancaroba tentu berkaitan erat dengan demam, apalagi ketika tubuh terkena air hujan dan sakit. Pepaya dapat menghindarkan tubuh dari demam. Jika ada peradangan dalam tubuh, pepaya pun baik untuk dimakan karena mengandung betakaroten, vitamin C, dan vitamin E bahkan asma pun dapat ditangkalnya.

Pisang

Pisang bisa mengurangi rasa letih, depresi, stress, dan imsonia atau gangguan kesulitan tidur. Hal ini dikarenakan pisang merupakan sumber vitamin B6 tertinggi. Selain itu, kandungan magnesiumnya yang tinggi menjaga agar tulang kuat.

Jagalah tubuh sebaik mungkin karena aktivitas bisa berjalan dengan lancar dan suasana hati pun enak. Ada satu pepatah di dalam Alkitab yang juga perlu diperhatikan. Hati yang gembira adalah obat. Itulah obat yang terutama.

Sumber : msn.com-okezone.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami