Obama Menang Telak Atas Romney dalam Debat Final Capres AS

Nasional / 23 October 2012

Kalangan Sendiri

Obama Menang Telak Atas Romney dalam Debat Final Capres AS

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2922

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Barack Obama, dan Partai Republik Mitt Romney kembali berdebat untuk ketiga kalinya pada 22 Oktober waktu AS. Debat kali ini digelar di Lynn University, Florida, selama 90 menit.

Hasil polling terbaru yang dilakukan usai debat ketiga final capres Amerika Serikat (AS) menunjukkan, kemenangan mutlak bagi kandidat incumbent Presiden Barack Obama atas rivalnya, Mitt Romney. Polling CBS News mencatat Obama meraih 53 persen suara, jauh di atas Romney yang hanya meraih 23 persen suara.

Polling ini dilakukan oleh CBS News beberapa saat setelah debat ketiga atau final ini digelar di Lynn University, Florida, AS pada Senin (22/10) malam waktu setempat. Polling dilakukan terhadap sekitar 521 pemilih dari sejumlah wilayah AS yang dipilih secara acak.

Para pemilih ini merupakan warga negara AS yang belum memutuskan akan memilih siapa pada pilpres 6 November mendatang. Para koresponden yang sama juga mengikuti polling pada saat debat capres pertama pada 3 Oktober lalu dan debat capres kedua pada 16 Oktober lalu.

Hasil polling ini menunjukkan, debat capres final dengan tema kebijakan luar negeri ini mutlak dimenangkan oleh Obama dengan perolehan 53 persen. Sementara kandidat dari Partai Republik, Romney hanya memperoleh 23 persen suara pemilih.

Sementara sisanya, sebanyak 24 persen pemilih menyatakan debat terakhir ini berlangsung seri antara kedua kandidat. Demikian seperti dilansir CBS News, Selasa (23/10/2012).

Sebelumnya dalam polling yang digelar sebelum debat berlangsung, terlihat bahwa 46 persen pemilih mempercayai Romney untuk mengatasi krisis internasional dan sekitar 58 persen pemilih meyakini Presiden Obama. Namun setelah debat digelar, angka tersebut berubah drastis, yakni sebanyak 49 persen mempercayai Romney dan 71 persen mempercayai Obama.

Hasil polling yang dilakukan oleh CNN/ORC International juga menunjukkan Obama sebagai pemenang debat final ini. Sebanyak 46 persen pemilih menilai Obama lebih unggul dalam debat, sedangkan 39 persen pemilih menilai Romney menang.

Jika dibandingkan dengan dua debat capres sebelumnya, berarti Obama dinyatakan sebagai pemenang secara keseluruhan dengan skor 2-1. Pada debat pertama yang digelar 3 Oktober di Denver, Colorado, Romney dinilai lebih unggul. Sedangkan dalam debat kedua yang digelar 16 Oktober di New York, Obama yang dinyatakan lebih unggul.

Hasil polling memang belum bisa menentukan kemenangan, tapi walau demikian hasil polling menggambarkan identitas dan kerinduan seluruh rakyat Amerika saat ini yang menghendaki perdamaian dunia, kesetaraan hak asasi manusia dan kesejahteraan secara ekonomi bagi seluruh rakyat Amerika.

Mari kita doakan Amerika Serikat yang banyak memberi pengaruh pada dunia sehingga siapa pun yang menjadi Presiden Amerika akan membawa dampak yang positif bagi semua bangsa di dunia termasuk bagi bangsa Indonesia.

Sumber : detiknews l jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami