Pemprov DKI Mulai Realisasikan Peremajaan Pemukiman Kumuh

Nasional / 20 October 2012

Kalangan Sendiri

Pemprov DKI Mulai Realisasikan Peremajaan Pemukiman Kumuh

Lestari99 Official Writer
4029

Merealisasikan janji-janji dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pelik di Jakarta menjadi hal yang saat ini diprioritaskan Gubernur Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahaya Purnama. Salah satunya adalah peremajaan pemukiman kumuh melalui penyediaan apartemen terpadu layak huni dengan sewa murah. Selain itu Pemprov DKI akan mengedepankan warga yang sebelumnya telah menetap di wilayah tersebut untuk mendiami apartemen ini.

“Yang penting bagi kami kawasan itu terbebas dari kesan kumuh, tapi warganya tidak diusir,” ungkap Basuki yang kerap disapa Ahok di Jakarta, Sabtu (20/10). Salah satu wilayah yang telah dibidik oleh Pemprov DKI adalah pemukiman kumuh di belakang depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

Dalam merealisasikan hal ini, Pemprov DKI menggandeng Pertamina bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat. Nantinya diharapkan Pertamina akan menyiapkan lahan sekaligus bangunan apartemen terpadu sesuai dengan konsep yang diusung oleh Jokowi tanpa menggunakan APBD DKI Jakarta.

“Kami sudah ngomong dengan Pertamina. Intinya, Pertamina akan buat zona pengaman dan kita minta dibangunkan apartemen terpadu yang sesuai dengan konsep pak Gubernur. Hal ini sedang kita matangkan. Yang penting kita tidak pakai APBD, dan Pertamina akan menyelesaikan semuanya. Menggandeng swasta atau cara lain itu urusan Pertamina,” ungkap Ahok.

Mimpi besar Jokowi-Ahok dalam peremajaan pemukiman padat dan kumuh adalah dengan membangun apartemen terpadu, atau rumah susun dengan harga sewa murah. Nantinya apartemen terpadu itu berada tak jauh dari pasar, stasiun atau bahkan tempat kerja warga DKI Jakarta. Lebih jauh, apartemen terpadu juga akan dibangun di tengah kota. Dengan cara ini diharapkan dapat menekan padatnya kendaraan dari warga di pinggiran Jakarta yang bekerja di tengah kota.

Solusi adalah hal yang dicari dan dinantikan warga Jakarta. Hal-hal praktis dan nyata seperti ini diharapkan dapat terus berkelanjutan. Sedikit demi sedikit, pelan namun pasti, Jakarta baru pasti akan terwujud.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Kompas / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami