Demonstran Bentangkan Bendera Bintang Kejora di Papua

Nasional / 19 October 2012

Kalangan Sendiri

Demonstran Bentangkan Bendera Bintang Kejora di Papua

daniel.tanamal Official Writer
3527

Bendera bintang kejora kembali dibentangkan di Manokwari, Papua Barat, Jumat (19/10) saat ratusan demonstran yang berasal dari warga setempat melakukan aksi unjuk rasa memperingati satu tahun deklarasi Negera Republik Federal Papua Barat (NRFPB) dan pengecaman semua bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) di Tanah Papua.

Aksi dimulai dari samping Gedung Olahraga (GOR), Sanggeng Manokwari, Distrik Manokwari Barat dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian Polres Manokwari dan Kesatuan Brimob Detasemen C Polda Papua di Manokwari. Saat aksi longmarch di ruas jalan di dalam kota Manokwari, dibentangkanlah bendera yang merupakan perjuangan untuk kemerdekaan penuh bagi Papua.

Aparat Kepolisian langsung melakukan perebutan terhadap bendera dari tangan para pengunjuk rasa itu. Tidak terima bendera mereka dirampas, massa melakukan pelemparan dengan menggunakan air mineral. Hal tersebut tidak berlangsung lama, beberapa orang dari massa itu segera menenangkan rekan-rekan mereka.

Ketegangan tersebutpun tidak meluas. Aparat kepolisian kembali melakukan pengawalan dan massa pengunjuk rasa kembali melakukan demonstrasi tanpa ada yang ditangkap seusai pelemparan itu. Longmarch kembali dilakukan dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan di dalam kota Manokwari, dan berakhir di Gereja Elim Kwawi, Manokwari Timur. 

Pengibaran bendera yang bertentangan dengan kedaulatan negara adalah sebuah tindakan makar. Namun pemerintah sendiri wajib tanggap dan segera melakukan segala cara untuk mendamaikan situasi dan mensejahterakan setiap penduduk yang ada diseluruh Indonesia, terutama di pelosok bangsa. Sikap ketidakpedulian hanya akan membuat pergumulan bertambah banyak dan sulit untuk dicarikan solusinya.

 

Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami