Inilah PR Gubernur-Wakil Gubernur Baru Jakarta Jokowi-Ahok

Nasional / 15 October 2012

Kalangan Sendiri

Inilah PR Gubernur-Wakil Gubernur Baru Jakarta Jokowi-Ahok

Budhi Marpaung Official Writer
3183

Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama resmi menggantikan Fauzi Bowo-Prijanto sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Senin (15/10). Dalam sebuah prosesi pelantikan yang berakhir beberapa jam lalu, Jokowi-Ahok telah sah menjadi pimpinan ibukota yang baru.

Sejumlah pekerjaan rumah (PR) pun kini menunggu untuk diselesaikan oleh keduanya. Besarnya harapan masyarakat untuk melihat perubahan di Jakarta menjadi penanda bahwa Jokowi-Ahok harus segera bekerja.

Berikut ini sejumlah PR yang harus ditangani secara tuntas oleh Jokowi-Ahok dalam waktu dekat :

1. Tata Kota. Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu penyebab utama banjir dan kemacetan di Jakarta adalah karena kacaunya tata kota Jakarta. Oleh sebab itu, Jika memang mau menyelesaikan dua masalah di ibukota Indonesia maka perbaikan tata kota harus dilakukan segera.

2. Transportasi publik. Keberadaan Bus Transjakarta sejak beberapa tahun terakhir harus diakui tidak terlalu membawa perubahan signifikan terhadap pengurangan jumlah kendaraan di jalan raya. Kondisi ini semakin diperparah dengan timbul tindak kejahatan di dalam bus seperti pencopetan dan pelecehan seksual. Oleh sebab itu, selain penambahan armada dan memunculkan transportasi massal baru, Jokowi-Ahok perlu memikirkan langkah strategis untuk menjadikan bus Transjakarta sebagai angkutan yang ramah dan disukai oleh masyarakat.  

3. Polusi Udara. Selama kurang lebih dua dekade terakhir polusi udara menjadi persoalan yang belum juga terselesaikan dengan baik. Banyaknya jumlah kendaraan yang masih menggunakan emisi berbahaya menjadi penyebab mengapa udara ibukota masih terbilang kotor. Perlu langkah tegas dan juga tepat dari Jokowi-Ahok dalam rangka menyadarkan para pengguna kendaraan dan meminta mereka memakai bahan bakar yang ramah lingkungan pada saat berkendara.

4. Mahalnya Biaya Kesehatan. Setiap warga di Jakarta mempunyai hak yang sama untuk berobat dan ditangani oleh pihak medis. Namun, karena faktor biaya maka banyak orang yang enggan untuk datang ke puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Kartu Kesehatan yang pernah dijanjikan oleh Jokowi-Ahok pada saat kampanye harus segera direalisasikan karena jika tidak maka itu akan mempersulit warga mendapatkan haknya.  

5. Pengangguran. Tingginya kejahatan di ibukota tidak terlepas dari tingginya angka pengangguran di kota ini. Diselenggarakannya sejumlah Job Fair tetap tidak mampu menyedot banyaknya para pencari kerja. Oleh sebab itu, Jokowi-Ahok perlu memikirkan langkah strategis apa yang dapat menyelesaikan permasalahan ini.  

6. Tawuran. Perkelahian antarpelajar di Jakarta menjadi masalah yang perlu penanganan yang cepat. Selain karena yang terlibat duel adalah para calon penerus bangsa, keamanan di jalan raya juga dibuat menjadi sangat mengkhawatirkan karena mereka. Jokowi-Ahok perlu mencari formula tepat bagaimana membuat para pelajar di Jakarta tidak saling berkelahi lagi.

7. Penataan Birokrasi. PR terakhir yang tidak boleh dilupakan oleh Gubernur-Wakil Gubernur baru DKI Jakarta ini adalah penataan birokrasi. Sebagaimana diketahui, perilaku korupsi dan panjangnya prosedur apabila berurusan dengan kepemerintahan adalah dua hal yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Jakarta. Apabila Jokowi-Ahok mau mengangkat citra pemerintah provinsi DKI Jakarta, maka penataan birokrasi harus segera dikerjakan.

PR diatas harus diakui PR yang cukup sulit untuk diselesaikan oleh Gubernur-Wakil Gubernur baru DKI Jakarta Jokowi-Ahok dalam waktu singkat, oleh sebab itu keinginan sebenarnya masyarakat ibukota di waktu dekat ini adalah Jokowi-Ahok menunjukkan progres perubahan di Ibukota setiap harinya. Walau kecil kelihatan, namun apabila intensif, Jakarta Baru yang diimpikan pasti terwujud.

Baca juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tips-Tips Tetap Sehat dan Bugar di Saat Musim Hujan

Kitab-Kitab yang Akan Dibuka Pada Hari Penghakiman

Chord Lagu : Sahabatku

Tips Mengatasi Pasangan yang Suka Tebar Pesona

Sumber : Jawaban.Com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami