Tips-Tips Tetap Sehat dan Bugar di Saat Musim Hujan

Solusi Sehat / 9 October 2012

Kalangan Sendiri

Tips-Tips Tetap Sehat dan Bugar di Saat Musim Hujan

Budhi Marpaung Official Writer
6678

Musim hujan telah tiba dan saatnya kita semua semakin mempersiapkan segala sesuatu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, gangguan pencernaan, maupun badan yang kurang fit.

Supaya dapat tetap sehat dan bugar, Anda perlu mengetahui sejumlah langkah-langkah praktis mendapatkannya. Berikut tips-tips agar tetap sehat dan bugar di kala musim hujan :

1. Jaga asupan gizi setiap hari.

Sudah bukan sebuah rahasia lagi bahwa tubuh perlu gizi yang baik setiap hari. Dengan kecukupan gizi dan kekebalan tubuh yang meningkat, maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Gizi yang baik tentunya dapat diperoleh dari mengkonsumsi makan-makanan 4 sehat 5 sempurna dan suplemen tambahan.

2. Siapkan jas hujan atau payung.

Kata-kata bijak sedia payung sebelum hujan nampaknya memang telah terbukti keampuhannya sejak dahulu. Memasuki musim hujan ini, Anda pasti tidak tahu kapan dan di mana hujan akan turun. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menyediakan jas hujan untuk pengguna motor atau payung lipat untuk pejalan kaki dan pengguna kendaraan roda empat. Kedua barang ini mutlak harus dibawa kemana saja Anda akan beraktifitas di musim hujan ini. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari basah kuyub akibat guyuran hujan. Perlu diingat, pakailah jas hujan yang pas dan nyaman serta sesuai kebutuhan.

3. Jaga kebersihan tubuh.

Selama musim hujan maka Anda akan sering berkontak langsung dengan air. Air ini dapat berasal dari hujan ataupun dari genangan-genangan yang ditimbulkan oleh air hujan itu sendiri. Untuk menghindari penyakit kulit yang dapat ditimbulkan akibat kontak langsung dengan air yang tentu tidak bersih, maka Anda harus lebih sering cuci tangan, kaki atau muka yang terkena langsung air tersebut. Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung antiseptic  saat sedang mandi. Hal ini berguna untuk membunuh kuman penyebab penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutu air dan lain-lain.

4. Bawa jaket atau sweater.

Saat musim hujan biasanya suhu akan menjadi lebih dingin. Agar terhindar dari kedinginan atau masuk angin, Anda perlu membawa jaket atau sweater yang nyaman yang dapat menghangatkan tubuh Anda.

5. Berolahraga ringan.

Berolahraga adalah penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sebabnya Anda perlu meluangkan waktu melakukan olahraga paling tidak olahraga ringan seperti jogging atau jalan-jalan. Dengan kegiatan ini, jantung Anda akan dapat menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dan mengontrol tekanan darah menjadi stabil.

Tips-tips diatas merupakan tips yang dapat Anda terapkan sehari-hari dengan mudah. Anda hanya perlu untuk melakukannya dan konsisten mengerjakannya. Akhir tulisan, selamat mempraktikkan ini di dalam kehidupan Anda !   

Baca juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Chord Lagu: Hidup Itu Indah 

Kisah Nyata A Bui yang Alami Kelumpuhan Saat Dalam Penjara

Sumber : tribunnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami