Para Pelatih yang Menoreh Kehebatan di Sepak Bola

Nasional / 8 October 2012

Kalangan Sendiri

Para Pelatih yang Menoreh Kehebatan di Sepak Bola

Lois Official Writer
2646

Kita tidak perlu meragukan kehebatan Pele, Diego Maradona, Zinedine Zidane, Ronaldo, Messi, maupun pemain lainnya, namun sederet pelatih ataupun manager yang berada di belakang mereka dalam mengemukakan strategi dan motivasi tetap berperan besar. Mereka inilah yang telah menorehkan kehebatan-kehebatan di bidang sepakbola.

Franz Beckenbauer. Selain merupakan pemain terbaik yang pernah ada, dia juga sukses di tepi lapangan. Dia satu-satunya orang yang pernah menang Piala Dunia sebagai kapten dan pelatih, yaitu pada 1974 dan 1990. Dia menekankan kepada para pemainnya agar selalu menikmati permainan dan tidak kebobolan satu gol pun dalam pertandingan.

Fabio Capello merupakan penganut loyal gaya defensif Italia, tapi kemudian menyeimbangkannya dengan permainan menyerang. Dia menunjukkan kehebatan melatihnya sejak bersama AC Milan pada awal 1990-an dengan rekor 58 laga tanpa kekalahan di Serie A. Dia juga sosok yang sangat disiplin dalam melatih. Saat bersama Three Lions, dia mengembangkan skema permainan baru yang menekankan pada operan dan sentuhan, yang membuat para gelandang di timnya bisa memaksimalkan kreativitas serta mengalirkan bola dengan lebih akurat.

Johan Cruyff-lah yang memperkenalkan filosofi permainan yang dikenal dengan tiki-taka. Gaya ini memfokuskan pada dua hal, operan pendek dan mobilitas pemain. Strateginya adalah mengalirkan bola dengan beragam jalur operan, menguasai permainan, dan menusuk lewat setiap celah yang ada.

Sir Alex Ferguson merupakan sosok manajer yang memberi dukungan dan kepercayaan penuh kepada para pemainnya, tapi dia meminta mereka disiplin baik di dalam maupun luar lapangan. Dia melatih MU selama 25 tahun dan mampu membimbing mereka sehingga dia menjadi pelatih tersukses dengan 12 gelar liga, dua trofi Liga Champions, dan sebuah title Piala Dunia Antarklub FIFA. Banyak talenta hebat yang dipolesnya seperti Wayne Rooney, Roy Keane, dan Eric Cantona.

Ottmar Hitzfeld merupakan satu dari tiga pelatih yang sanggup memenangi European Cup / Liga Champions dengan dua klub berbeda. Dia melatih dengan gaya speed, tempo cepat, sentuhan bola secara konstan dan kerapatan antarlini, gaya yang telah diterapkannya bersama Swiss sejak 2008.

Rinus Michels adalah ‘otak’ di balik salah satu gaya permainan sepak bola paling terkenal yaitu fotal football. Satu-satunya pemain dalam gaya tersebut adalah penjaga gawang. Bek, gelandang, dan pemain depan semuanya bebas bertukar posisi untuk mengambil keuntungan dari ruang-ruang kosong yang ditinggalkan oleh lawan.

Jose Mourinho adalah salah satu pelatih paling controversial. Dia berkeyakinan seorang pelatih harus menguasai banyak bidang, mulai dari persiapan tim hingga kepemimpinan, dan itu membuatnya menghasilkan rekor 150 laga kandang tanpa kekalahan dari Februari 2002 sampai April 2011.

Giovanni Trapattoni merupakan salah satu pelatih dengan koleksi gelar terbanyak dalam sejarah. Baginya, sebuah tim akan sukses jika memiliki kedisplinan tinggi serta takkan terkalahkan apabila mempunyai lini pertahanan yang kuat dan bisa diandalkan.

Arsene Wenger. Pelatih asal Perancis ini dijuluki Le Professeur karena pendekatan sistematis, pengetahuan luar biasa tentang sepak bola, dan kemampuannya berbicara dalam banyak bahasa. Dia dikenal suka merekrut pemain-pemain yang kurang diperhitungkan dan menyulap mereka menjadi talenta berkelas dunia. Dia adalah pelatih dengan masa pelatihan terlama dan arsitek tersukses dalam sejarah the Gunners.

Setiap pelatih punya pemikiran, gaya melatih, dan kemampuan yang berbeda-beda namun setiap mereka yang bisa melatih sepenuh hati, membuat mereka dikenal sebagai orang-orang yang hebat.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : bola.net by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami