Anggaran Pelantikan Jokowi-Ahok Dipangkas 52,6 Persen

Nasional / 28 September 2012

Kalangan Sendiri

Anggaran Pelantikan Jokowi-Ahok Dipangkas 52,6 Persen

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2445

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta memutuskan untuk memangkas anggaran pelantikan gubernur DKI Jakarta sebanyak 52,46 persen. Anggaran pelantikan Jokowi-Ahok yang semula dianggarkan Rp 1,05 miliar akhirnya dipangkas menjadi Rp. 499.407.000.

Menurut Sekwan DPRD DKI Mangara Pardede, pemangkasan anggaran tersebut disebabkan adanya banyak tekanan dan permintaan dari berbagai pihak seperti elemen masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat, nilai anggaran tersebut terlalu besar dan dianggap berfoya-foya, maka Sekwan bersama Komisi A DPRD DKI berupaya untuk memangkas alokasi anggaran pelantikan seminimal mungkin.

"Kami melakukan rapat dengan Komisi A. Untuk pertama kalinya, kami memangkas anggaran sebesar Rp 424 juta, sehingga dana yang akan digunakan sebagai anggaran pelantikan hanya Rp 626 juta saja," kata Mangara saat ditemui di gedung DPRD DKI, Kamis (27/9) seperti dikutip dari Tribunnews.

Karena masih dirasa terlalu besar, anggaran tersebut kembali dipangkas pada rapat selanjutnya. "Tetapi kami merasa alokasi dana sebesar Rp 626 juta untuk anggaran pelantikan masih terasa besar. Karena itu kami rapatkan kembali dengan Komisi A, dan akhirnya menghasilkan keputusan dilakukan pemangkasan anggaran kembali sebesar Rp 127 juta," ungkap Manggara.

Salah satu anggaran yang dipangkas di tahap kedua adalah pemangkasan biaya konsumsi petugas pengamanan dari 500 orang menjadi 250 orang, sehingga bisa menghemat Rp. 50 juta.  "Konsumsi petugas pengamanan kami kurangi jadi 250 orang saja, yaitu 150 dari aparat kepolisian dan 100 dari Satpol PP DKI. Pengurangan ini dilakukan karena kami melihat Gubernur DKI Fauzi Bowo sudah legowo dengan kekalahannya, sehingga kami prediksikan suasana Jakarta saat pelantikan akan kondusif dan tidak akan terjadi keributan. Jadi kami kurangi kebutuhan petugas pengamanannya," tandasnya.

Pelantikan calon gubernur baru ini rencananya akan digelar pada 7 Oktober mendatang. Semoga transparasi yang dilakukan untuk biaya pelantikan ini bisa terus dilanjutkan untuk proyek-proyek pemda DKI selanjutnya.

Sumber : Tribunnews,detik/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami