Meski Punya Penyidik Sendiri, KPK Tetap Butuh Polisi

Nasional / 21 September 2012

Kalangan Sendiri

Meski Punya Penyidik Sendiri, KPK Tetap Butuh Polisi

Lois Official Writer
14729

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan langkah yang cukup di luar dugaan dengan merekrut penyidiknya sendiri. Dengan begitu, KPK tidak lagi tergantung kepada kepolisian. Namun, meskipun begitu, KPK tidak lantas lepas dari kepolisian maupun instansi yang selama ini menyokong KPK. “Kami masih tetap membutuhkan kepolisian dan kejaksaan. Rekrutmen ini kan masih berjalan, kami tentu masih sangat membutuhkan penyidik dari kepolisian,” kata juru bicara KPK, Johan Budi SP, Rabu (19/9).

Meskipun jika system rekrutmen penyidik KPK sudah matang, KPK tetap menerima penyidik-penyidik yang diperbantukan dari kepolisian dan kejaksaan. Ketua KPK Abraham Samad mengungkapkan pihaknya sedang memproses 30 calon penyidik. Untuk lokasi pelatihan akan dilakukan di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Mahkamah Agung.

Namun sayangnya, jumlah penyidik KPK saat ini hanya sekitar 100 orang, sedangkan tiap harinya KPK melayani sekitar 50 aduan korupsi. “Lalu diharapkan bias berantas korupsi dari Sabang sampai Merauke. Ini hambatan terbesar,” ujar Samad di Jakarta. Dia pun membandingkan jumlah pegawai lembaga pemberantasan korupsi di Hongkong yang mencapai 3.000 orang

Memberantas korupsi tentu bukan perkara yang mudah namun jika ada orang-orang jujur di dalam memberantas korupsi, maka hal itu bisa terjadi. Tentunya, kita memerlukan banyak orang jujur di negara ini.

 

Baca Juga :

Forum JC : Kopdar September Ceria (29 September 2012)

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Gula

Mantra Paranormal

Chord Lagu : Afterlife (by Switchfoot)
Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami