Apakah Orang Kristen Senang Film Picisan Innocence of Muslims?

Internasional / 18 September 2012

Kalangan Sendiri

Apakah Orang Kristen Senang Film Picisan Innocence of Muslims?

Lois Official Writer
3271

Seluruh rakyat Indonesia diajak untuk tidak terprovokasi atas munculnya film Innocence of Muslims yang telah mengakibatkan satu duta besar Amerika untuk Libya meninggal dunia beserta tiga orang lainnya ini. Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Komaruddin Hidayat film-film yang menjelekkan Islam banyak sehingga masyarakat harus mampu menyikapinya secara cerdas.

Ia mengakui bahwa reaksi di sejumlah negara atas film itu sangat besar seperti di Mesir dan Libya. Namun, “Apakah kita lantas ikut-ikutan? Rakyat di negara itu menjatuhkan pemimpinnya, kita ikut-ikutan? Kan tidak juga. Problem yang dihadapi memang berbeda, kita punya tradisi sendiri, sejarah sendiri,” kata Komaruddin.

Dia juga mengatakan bahwa di Barat sendiri, Kristen memiliki banyak sekte dan orang Kristen di negara Barat juga benci dengan film picisan semacam itu. Hal ini menyebabkan rakyat Indonesia tidak boleh seenaknya digeneralisasi, katanya. “Apakah dikira orang Budha di sini senang dengan yang dilakukan orang Budha di Rohingya? Apakah orang Kristen di sini senang dengan yang membuat film itu? Tidak. Kita tidak bisa seenaknya main generalisasi,” kata Komaruddin.

Suatu cara pandang yang luas dan penuh dengan sikap obyektif dari seorang pemimpin. Film picisan semacam Innocence of Muslims itu dibuat untuk memecah belah umat-umat yang berbeda jenis keyakinan maupun agama dan jangan sampai kita termakan oleh ‘rayuan gombal’-nya. Jika tidak, semua akan terpecah belah dan pada akhirnya kita semua menderita.

 

Baca Juga :

Sumber : waspada.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami