Kisah Sikat Gigi Mampu Selamatkan Stasiun Luar Angkasa

Nasional / 17 September 2012

Kalangan Sendiri

Kisah Sikat Gigi Mampu Selamatkan Stasiun Luar Angkasa

Lois Official Writer
4362

Kisah nyata ini terdengar seperti kisah MacGyver namun ini yang sesungguhnya terjadi di luar angkasa. Sistem energi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bisa diperbaiki berkat ide brilian, tekad, dan kerja keras tim, terutama dari Sunita Williams dan Akihiko Hoshide. ISS yang bernilai US$ 100 miliar (Rp 956 triliun) berhasil diselamatkan hanya dengan menggunakan sebuah sikat gigi seharga US$3 (Rp 28 ribu). Bagaimana ceritanya?

Masalah ini terjadi dua minggu yang lalu saat Williams dan Hoshide mencoba untuk mengganti unit listrik yang rusak, yang disebut Main Bus Switching Unit (MBSU). MBSU yang sebanyak 4 buah ini dengan berat sekitar 1000 kg, berperan penting karena berfungsi mengumpulkan energi dari panel surya. Akibat satu MBSU yang rusak, energi yang diterima dan digunakan ISS jadi terbatas. Jika listrik mati di bumi bisa membuat pusing, listrik di luar angkasa mati bisa berakibat fatal.

Pada 30 Agustus 2012 lalu sebenarnya Williams dan Hoshide sudah berusaha memasang MBSU yang baru, namun mereka kesulitan memasang sekrup pengaman. Sementara itu, jika MBSU tidak diamankan sebagaimana mestinya, dia bisa copot dan lenyap di lautan bintang itu.

Setelah diselidiki, ternyata ada benda seperti debu, mirip serutan logam yang terkumpul di dalam mur sehingga menyulitkan baut terpasang. Upaya mereka untuk membersihkan mur, membuat mereka terpaksa keluar dari kapsul luar angkasa dalam waktu lama. “Lebih dari 10 jam dalam pakaian luar angkasa. Tidak ke toilet dan tidak ada makan siang,” ujar salah satu astronot tersebut.

Tim astronot di ISS bersama tim NASA di bumi pun berembuk. Ide cemerlang pun tercetus dengan memanfaatkan alat dan bahan seadanya yang ada di ISS. Itulah sikat gigi digunakan. Sikat gigi itu akhirnya dipakai untuk membersihkan sekaligus melumasi bagian dalam mur setelah sebelumnya mur tersebut dibersihkan dengan sikat kawat. Setelah empat jam, MBSU bisa terpasang dengan mudah. “Sepertinya kalian telah memperbaiki stasiun,” kata Jack Fischer yang bicara dari ruang pengendali misi NASA, Johnson Space Center di Houston, Texas.

Berdasarkan kejadian di atas, seringkali kita merasa ada masalah yang begitu besar menghadang. Kita mungkin belum bisa memikirkan jalan keluarnya, padahal kadang kala jalan keluarnya ada di depan mata. Yang perlu kita lakukan adalah berdiam diri, fokus, dan tanya pada Tuhan. Jika bisa dipikirkan bersama orang-orang yang dikasihi, bersekutu di dalamnya itu baik sekali. Yakinlah, dalam setiap masalah selalu ada jalan keluar.

 

Baca Juga :

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Kematian Hoax 12 Artis di Tahun 2012 yang Menghebohkan

Film : I Am Gabriel...Ketika Tuhan Mengutus Malaikat-Nya

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami