Banyak Tidur Di Akhir Pekan Picu Kantuk Di Hari Senin

Info Sehat / 16 September 2012

Kalangan Sendiri

Banyak Tidur Di Akhir Pekan Picu Kantuk Di Hari Senin

Lestari99 Official Writer
4074

Bagi para pekerja, akhir pekan menjadi hari yang paling ditunggu sepanjang minggu. Setelah lima hari efektif bekerja, akhir pekan menjadi pilihan terbaik untuk melakukan kegiatan rekreasi maupun untuk tidur panjang. Banyak orang menganggap waktu tidur yang banyak tersita selama hari kerj dapat diganti saat akhir pekan.

Namun hasil survey yang dilakukan para ilmuan dari UT Southwestern Medical Center justru bicara sebaliknya. Tidur panjang di akhir pekan tidak menggantikan waktu tidur yang hilang selama seminggu. Justru kegiatan ini akan membuat orang lebih mengantuk di Senin pagi. Hal ini dikarenakan tidur panjang di akhir pekan akan mengganggu jam internal tubuh. Sehingga akan lebih sulit untuk bangun di hari Senin.

Dr Gregory Carter, salah seorang peneliti, mengungkapkan bahwa mitos tidur panjang di akhir pekan sangatlah keliru. Dalam keseharian, tubuh kita memiliki siklus harian atau sirkadian yang memandu tubuh secara internal. Seseorang dapat menunda siklus sirkadian mereka maksimal sampai satu jam.

Lebih lanjut para ahli kemudian mengungkapkan bahwa tidur panjang di hari Sabtu akan menunda sirkadian pada otak sampai dua jam. Hal ini akan menyebabkan orang lebih sulit tidur di hari Minggu sehingga kesulitan bangun di hari Senin.

Solusi terbaik untuk menyeimbangkan utang tidur di hari kerja adalah dengan mempercepat tidur pada keesokan harinya. Utang tidur dapat dikompensasikan dengan memberi waktu istirahat 8 jam di tempat tidur.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami