Kisah Tragis di Balik Pembuatan iPhone 5

Nasional / 15 September 2012

Kalangan Sendiri

Kisah Tragis di Balik Pembuatan iPhone 5

Lois Official Writer
5561

Seorang wartawan China rela menyamar menjadi seorang pekerja di pabrik rakitan iPhone 5, Foxconn, di China untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam pembuatan iPhone terbaru yang akan rilis ini. Wartawan Shanghai Evening post ini menghabiskan total 10 hari di dalam pabrik dan berbagi cerita selama masa penyamaran tersebut. Inilah ceritanya.

Pekerja Foxconn menghabiskan 7 hari pertama untuk mengikuti orientasi pelatihan yang melelahkan. Tak hanya itu, di dalam asrama pabrik yang kotor dan bau, karyawan dipaksa untuk menandatangani surat bebas tuntutan dan diwajibkan mentaati segala perintah. Wartawan ini melihat bagaimana area keamanan tingkat tinggi di pintu masuk ruangan.

“Kami diberitahu bahwa jika ada orang masuk atau keluar pintu detektor logam dan menemukan membawa benda logam pada tubuh seperti ikat pinggang cincin, kamera, handset, MP3 player yang menyebabkan alarm berbunyi, maka Anda akan dipecat di tempat. Salah satu pasangan kamar saya mengatakan kepada saya bahwa temannya telah dipecat karena dia membawa kabel pengisian USB,” ujar salah seorang pekerja.

Para pengawas dalam pabrik terus menerus mengingatkan para pekerja bahwa mereka mendapatkan suatu kehormatan untuk membuat iPhone 5. Pengawas juga memotivasi pekerja dengan memamerkan bagian baru dan mengatakan, “Ini adalah pelepasan plat belakang iPhone 5 terbaru. Anda terhormat memiliki kesempatan memproduksinya,” kata pengawas.

Namun pekerjaan itu sangat mengerikan. Tanggung jawab pekerja adalah menandai plat belakang iPhone 5 pada 4 titik posisi dengan pena cat berbasis minyak dan memasangnya kembali. Meski terdengar mudah, namun perlu kejelian sebab plat tersebut hanya lewat melalui pekerja setiap tiga detik. Semuanya harus diselesaikan dengan cepat dan dilakukan dari tengah malam hingga pukul 06.00 nonstop.

Dengan estimasi tersebut, seorang pekerja bisa menyelesaikan 3.000 plat belakang iPhone 5 per shift. Di tengah pekerjaan, supervisor berteriak keras agar mereka bekerja lebih keras lagi. Namun, upah yang diterima tak sebanding. Untuk lembur dua jam hanya dibayar 27 yuan atau US$4 saja. Di balik kesenangan yang kita dapatkan, terkadang ada cerita di dalamnya.

 

Baca Juga :

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Kematian Hoax 12 Artis di Tahun 2012 yang Menghebohkan

Film : I Am Gabriel...Ketika Tuhan Mengutus Malaikat-Nya

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami