Murid Kristen Myanmar Dipaksa Cukur Rambut Seperti Budha

Internasional / 15 September 2012

Kalangan Sendiri

Murid Kristen Myanmar Dipaksa Cukur Rambut Seperti Budha

Lois Official Writer
4625

Sebuah grup Kristen yang membantu para kaum minoritas di berbagai tempat belahan dunia mengatakan bahwa ada murid-murid yang berasal dari etnik Chin di Myanmar dipaksa mencukur rambut mereka dan pindah agama ke Budha, meskipun presiden sudah menyatakan kebebasan beragama di sana.

“Pemerintahan Presiden Thein Sein mengklaim bahwa kebebasan beragama dilindungi oleh hukum namun kenyataannya agama Budha diperlakukan sebagai agama negara,” kata Salai Ling, Direktur Program dari Chin Human Rights Organization (CHRO). CHRO adalah kelompok non laba yang didirikan di perbatasan India-Burma oleh para aktivis Chin, akibat dari cara pandang negara tersebut yang didorong oleh militer bahwa jika ingin menjadi orang Burma, harus menjadi Budha.

Populasi Chin yang berjumlah sekitar 500.000 orang, berjuang melawan kemiskinan dengan penghasilan utama mereka menjadi nelayan. Situasi ini membuat mereka mencari sekolah militer yang menyediakan makanan, pendidikan, dan pekerjaan di dalam pemerintahan ketika mereka lulus secara gratis.

“Sekolah ini didesain untuk memfasilitasi kebijakan yang dipaksakan. Sekolah-sekolah itu didirikan sebagai jalan keluar bagi kemiskinan tapi ada harga yang tinggi yang harus dibayar bagi murid Chin. Mereka diberikan pilihan antara menanggalkan identitas mereka dan mengikut Budha atau bergabung di dalam kemiliteran,” kata Rachel Fleming, Direktur Penasihat CHRO. Selama satu dekade, penduduk Chin ini harus berhadapan dengan masalah seperti itu. Mereka disiksa dan ada yang terpaksa meninggalkan kampung halamannya.

Populasi Myanmar sebesar 55 juta penduduk sekitar 89 persen beragama Budha, menurut CIA Factbook, dimana Kristen Baptist sekitar 3 persen dan Katolik Roma sebesar 1 persen saja. Baik di Afrika maupun Asia, umat Kristen mungkin saja mengalami penganiayaan, bahkan di Amerika sekalipun. Dimanapun kita berada dan mengalami penganiayaan apapun, tetaplah teguh di dalam Yesus.

 

Baca Juga :

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Sejumlah Artis Akan Meriahkan Pembukaan PON 2012

Chord Lagu : Matt Crocker (Hillsong) - I Surrender

Sumber : christianpost by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami