Puluhan Ribu Anak Diseluruh Dunia Sekarat Tiap Harinya

Nasional / 14 September 2012

Kalangan Sendiri

Puluhan Ribu Anak Diseluruh Dunia Sekarat Tiap Harinya

daniel.tanamal Official Writer
2429

Sebuah laporan dan fakta terbaru yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai kondisi anak-anak diseluruh dunia, begitu mencengangkan. Tercatat sekitar 19.000 anak laki-laki dan perempuan di seluruh dunia sekarat setiap hari karena penyakit, yang sebenarnya dapat dicegah.

Laporan ini dikeluarkan PBB pada Rabu (13/9) malam. Dalam data tersebut UNICEF menyebutkan bahwa empat per lima dari kematian balita tahun lalu, banyak terjadi di sub-Sahara Afrika, dan Asia Selatan. Lebih dari separuhnya disebabkan oleh pneumonia dan diare, yang menyumbang 30 persen kematian balita di seluruh dunia. Kematian balita paling banyak terjadi di Kongo, India, Nigeria, dan Pakistan.

“Mengingat prospek bahwa wilayah tersebut, terutama sub-Sahara Afrika, akan mencatat jumlah kelahiran terbanyak di dunia tahun depan, kami harus memberikan dorongan baru untuk momentum global dalam mengurangi kematian balita,” ungkap Direktur Eksekutif UNICEF, Anthony Lake.

Dirinya juga menambahkan bahwa anak-anak dari keluarga kurang beruntung dan terpinggirkan di negara-negara miskin paling rentan untuk meninggal sebelum mencapai ulang tahun kelima. Namun, kehidupan balita akan mungkin diselamatkan dengan vaksinasi, nutrisi cukup dan perawatan medis, serta pengayoman ibu.

“Di balik statistik setiap anak yang tidak terlihat, dan orangtua yang berduka. Kematian seorang anak lebih tragis bila disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah. Oleh karena itu kami memiliki gerakan global untuk berkomitmen kembali menyelamatkan anak-anak, dan berjanji untuk mengakhiri kematian anak. Penurunan itu menunjukkan bahwa kita bisa membuat itu terjadi,” begitu papar Wakil Eksekutif Direktur UNICEF, Geeta Rao Gupta.

Anak adalah masa depan dunia dan kelangsungan hidup kita bersama. Siapapun mereka, adalah pribadi berharga yang mempunyai nilai besar dan mimpi meulia sebagai agen perubah yang harus kita lindungi, bahkan kita sembuhkan jika mereka mengidap penyakit apapun. Kepedulian kita adalah satu langkah untuk menyelamatkan dunia ini dari perpecahan.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami