Buta Sejak Lahir, Daniel Kish Bantu Tunanetra Melihat

Nasional / 14 September 2012

Kalangan Sendiri

Buta Sejak Lahir, Daniel Kish Bantu Tunanetra Melihat

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3220

Siapa bilang orang buta tidak bisa menuntun orang buta? Daniel Kish, warga California, Amerika Serikat ini sudah buta sejak lahir. Namun dengan echolocation atau teknik mendengar gema yang memungkinkan seseorang mendeteksi benda yang berada di dekatnya, Kish mampu naik sepeda dan mendaki gunung dengan menggunakan suara decak lidahnya. Kemampuan ini bahkan terus diajarkannya kepada lebih dari 500 orang tunanetra lain di 25 negara, dibawah organisasi World Access for the Blind.

Atas kemampuannya itu, Kish dijuluki Reali Life Batman (Batman Hidup). Menurut Kish, teknik yang dijulukinya Flashsonar itu sama seperti yang digunakan kelelawar. Dengan suara gema dari decak lidahnya, Kish dapat mengetahui jarak suatu barang, besarnya dan kepadatannya. "Jadi bila orang berdecak mereka dapat mendengar suara permukaan barang di sekeliling dan mereka dapat mengetahui posisi barang itu," ungkap Kish.

Kish juga mampu membedakan jenis benda-benda yang ada di sekitarnya itu. "Pagar kayu memiliki struktur yang lebih tebal dibandingkan pagar besi dan bila suasana di sekeliling tenang, kayu mengeluarkan suara gema yang lebih lembut dibandingkan besi," tambahnya lagi.

Selain Daniel Kish, ada pula Ben Underwood, seorang remaja yang sukses menggunakan echolocation untuk membantunya beraktivitas. Namun remaja itu harus tutup usia pada usia 16 tahun karena kanker mata yang dideritanya.

Teknik echolocation yang digunakan dan diajarkan Daniel Kish tidak hanya membantunya tetapi juga membantu banya orang. Hal ini membuktikan bahwa sakit penyakit atau keterbatasan tertentu, bukanlah halangan untuk kita menjadi berkat bagi orang lain.

Sumber : bbc/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami