Jokowi Dilaporkan ke KPK Terkait Korupsi Dana Sekolah

Nasional / 31 August 2012

Kalangan Sendiri

Jokowi Dilaporkan ke KPK Terkait Korupsi Dana Sekolah

Lois Official Writer
2488

Sejumlah orang yang mengatasnamakan dirinya sebagai ‘Tim selamatkan Solo, selamatkan Jakarta, selamatkan Indonesia’ melaporkan dugaan korupsi yang dilakukan oleh Walikota Solo, Joko Widodo dan jajarannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain Walikota Solo, timnya juga melaporkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Solo. “Kami akan menyerahkan berkat dugaan korupsi oleh Walikota Solo, baik secara langsung maupun tidak langsung beserta jajarannya,” kata ketua tim, Ali Usman, di kantor KPK, Jakarta, Kamis (30/8).

Adapun dugaan pelanggaran yang dilakukan menyangkut anggaran Belanja Hibah kepada Satuan Pendidikan / Sekolah Negeri dan Swasta (BPMKS) tahun 2010. Pembiayaan tersebut semula dianggarkan dalam APBD Perubahan sebesar Rp 35 miliar dimana sebagian dananya Rp 23 miliar diperuntukkan BPMKS untuk sejumlah 110 ribu siswa. Namun, di tahun 2011 setelah dilakukan verifikasi, hanya ada 65 ribu siswa yang tercatat dengan anggaran Rp 10 miliar.

Terkait laporan yang bertepatan dengan jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua, dinilai sebagai black campaign pihak-pihak tertentu, Ali Usman membantah tudingan tersebut. “Kami tidak ada hubungannya dengan tim sukses manapun, kami juga tidak kenal tim sukses. Tetapi sebagai warga Solo, ini perlu kami tindaklanjuti agar jelas dan transparan semua. Tidak benar ada pesanan,” ujarnya.

Mengenai hal ini, Jokowi hanya santai menanggapinya. Jokowi pun menceritakan bahwa hal serupa pernah terjadi ketika akan maju dalam Pilkada Solo periode kedua. “Hasilnya ternyata tidak ada dugaan korupsi,” tuturnya. Benar atau tidaknya pasti akan terbukti. Jika Jokowi terbukti tidak bersalah, siapapun yang melakukan black campaign itu, benar-benar melakukan hal-hal yang tidak pantas dan patut dihukum. Sebaliknya, jika terbukti kebenaran Jokowi terlibat, tentu hukuman pun perlu dilakukan dengan seadil-adilnya.

 

Baca Juga :

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Me Without You, Memang Beda !

Tunduklah Kepada Allah

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami