Presiden Mesir Jamin Perjanjian Damai dengan Israel

Nasional / 28 August 2012

Kalangan Sendiri

Presiden Mesir Jamin Perjanjian Damai dengan Israel

daniel.tanamal Official Writer
2470

Dibawah pemerintahan Presiden Mohamed Morsi, Mesir kini menatap masa depan penuh dengan rekonsiliasi yang konstruktif. Hal itu terlihat melalui keputusan baru Presiden Morsi yang akan menjalankan kebijakan luar negeri yang seimbang, salah satunya adalah keberlangsungan perjanjian damai Mesir-Israel.

Selain itu kebijakan tersebut juga mengisyaratkan pendekatan baru terhadap Iran dan menyerukan sekutu rezim Suriah untuk mendesak Presiden Bashar al-Assad mundur. "Mesir kini adalah negara sipil, sebuah negara demokraktis, konstitusional dan modern," ungkap Morsi, dikutip Reuters, Selasa (28/8). "Hubungan internasional dengan seluruh negara terbuka lebar dan semuanya berbasis pada keseimbangan. Kami tidak melawan siapapun, namun kami mengejar kepentingan kami," tegas Presiden Morsi.  

Meskipun dalam kesempatan itu dirinya sedikit menyentuh pada operasi militer yang terjadi di Semenanjung Sinai, namun konteks perdamaian dan kerjasama yang solutif menjadi tujuan utamanya. Harapan akan Mesir baru yang penuh dengan perubahan dan perdamaian sepertinya mulai diretas Morsi.

"Mesir berlatih untuk memainkan perannya secara normal di kawasan dan tidak ingin mengancam siapapun . Tidak boleh ada bentuk keprihatinan internasional sama sekali atas kehadiran pasukan keamanan Mesir di Semenanjung Sinai," tutur Morsi.

Tentu kebijakan baru ini cukup mengejutkan, mengingat Morsi merupakan tokoh dari Ikhwanul Muslimin, salah satu kelompok yang punya pandangan politik bertentangan dengan Israel. Namun sebagai kepala negara, Morsi nampaknya berubah untuk lebih memajukan kerjasama dan perdamaian, ketimbang berseteru dengan negara tetangga.

Inilah salah satu langkah solutif yang harus dilakukan oleh seluruh kepala negara didunia. Mengutamakan kerjamasa dan perdamaian dunia. Langkah dan kebijakan yang akan mensejahterakan masyarakat luas dalam pembangunan. Sehingga stabilitas nasional dan internasional dapat terjaga.


Baca Juga :

Karena Foto Bugil, Pangeran Harry Putus

Recharge Your Soul : Harapan itu Datang Saat Maut Mengintai

7 Makanan Sehat Peluruh Lemak

Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Sederhana

Tips Keluar dari Kebosanan dan Kejenuhan

Sumber : Reuters - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami