Tips Praktis Adaptasi dengan Lingkungan Baru

Single / 28 August 2012

Kalangan Sendiri

Tips Praktis Adaptasi dengan Lingkungan Baru

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6254

Sebagai seorang single kita pasti memiliki tingkat mobilisasi yang tinggi, sehingga kita tidak bisa menghindar untuk masuk dalam situasi baru, baik itu  lingkungan yang baru atau justru orang-orang yang baru. Hal ini tentu membuat kita penasaran, namun tidak jarang rasa penasaran itu justru diikuti dengan rasa takut atau deg-degan. Walaupun sifatnya wajar, kita harus bisa mengurangi rasa takut tersebut karena apa yang kita pikirkan belum tentu benar. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk memasuki lingkungan baru :

Carilah Informasi. Mencari informasi tentang lingkungan baru menjadi hal utama yang harus kita lakukan. Dengan demikian kita akan memiliki gambaran tentang keadaan di sana serta mempersiapkan diri untuk bisa beradaptasi dengan baik. Namun kita juga tidak boleh terintimidasi apabila informasi yang kita dapat kurang menyenangkan, misalnya peraturan yang terlalu kolot, atau senior yang terkenal otoriter. Usahakan diri tetap tenang dan bertindak bijaksana. Anggaplah hal tersebut sebagai sebuah tantangan untuk pembentukan karakter kita.

Siapkan Fisik dan Mental. Pindah ke tempat yang jauh dari orang-orang yang kita kasihi memang bukanlah hal yang mudah. Karena itu dukungan dari orang-orang yang kita kasihi di lingkungan kita yang lama akan dapat sangat membantu apalagi sebelum kita mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Bersikap Hangat dengan Memulai Pembicaraan. Sebagai orang baru kita pastilah kita ingin diterima dengan hangat. Namun sebenarnya sebelum menuntut orang lain untuk bersikap hangat kepada kita, kitalah yang harus terlebih dahulu menunjukan kehangatan dengan berani memulai pembicaraan. Lakukan segala sesuatu dengan tulus dan sukacita agar kita pun mudah membaur dengan lingkungan yang baru.

Toleransi dan Berpikiran Terbuka. Selain berinteraksi dengan orang-orang baru, kita juga harus bisa bertoleransi dengan budaya-budaya baru yang mungkin kita temui di sana. Kita perlu bersikap terbuka dengan ide-ide atau masukan dari orang lain, namun tetap memegang hal-hal yang sifatnya prinsip seperti iman dan integritas.

Jangan Malu Bertanya. Sebagai orang baru pasti banyak hal yang belum kita ketahui, karena itu bertanya adalah suatu hal yang umum dan justru harus kita lakukan. Bertanya tidak harus pada orang yang lebih tua. Kita bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah cukup berpengalaman di sekitar kita. Setidaknya, untuk urusan teknis orang itu lebih berpengalaman daripada kita. Selain itu, jika lingkungan baru kita adalah lingkungan kerja, kita bisa juga bertanya kepada atasan langsung atau rekan satu level.

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda untuk adaptasi. Namun kita tetap harus melatih diri agar seiring berjalannya waktu kita bisa beradaptasi dengan baik.

 

 

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami