Niat Memperbaiki, Seorang Nenek Justru Rusak Wajah Yesus

Nasional / 25 August 2012

Kalangan Sendiri

Niat Memperbaiki, Seorang Nenek Justru Rusak Wajah Yesus

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3881

Niat baik jika tidak diimbangi dengan hikmat dan pengetahuan ternyata bisa menjadi masalah yang besar. Seorang nenek berusia 80-an berusaha memperbaiki "Ecce Homo", lukisan termasyhur abad 19 maha karya pelukis Spanyol Elias Garcia Martinez.

Kesalahan itu baru disadari ketika cucu nenek tersebut menyumbangkan lukisan ke badan arsip lukisan keagamaan Centro de Estudios Borjano, juga di Borja. Ketika lukisan itu dipelajari, mereka terkejut karena dibalik wajah yang kini tidak jelas itu, tersimpan wajah Yesus Kristus karya Martinez.

Foto terakhir lukisan itu yang diambil tahun 2010 menunjukkan keindahan karya Martinez yang mengabadikan wajah Yesus. Foto yang diambil bulan Juli itu memperlihatkan adanya noda-noda putih yang diduga dilakukan sang nenek untuk menghilangkan cat lama. Yang mengejutkan, hasil akhir dari pekerjaan nenek yang tak disebut namanya itu memperlihatkan lapisan cat tebal yang menutupi detail penting lukisan.

Juan Maria Ojeda, anggota dewan kota untuk urusan seni mengatakan bahwa perempuan itu akhirnya menyerahkan diri dan mengaku melakukan hal-hal yang merusakkan lukisan. Disebutkan pula bahwa perempuan tersebut tidak bermaksud buruk, dan hanya berusaha membuat lukisan itu lebih baik.

Meski tidak disebutkan jumlah kerugian materialnya, namun hal tersebut menjadi perhatian masyarakat karena nilai sentimental terhadap lukisan dan karena keluarga Martinez dikenal baik oleh masyarakat setempat. Kini para ahli sedang mempelajari kerusakan yang ditimbulkan oleh "niat baik" itu untuk memastikan apakah lukisan itu bisa diperbaiki.

Selain memiliki niat yang baik, kita juga harus memastikan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kesalahan yang nantinya akan merusak “niat baik” kita itu.

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami