Inilah Tiga Penyakit saat Mudik dan cara mengobatinya

Info Sehat / 19 August 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Tiga Penyakit saat Mudik dan cara mengobatinya

daniel.tanamal Official Writer
3142

Perjalanan mudik memang selalu menyenangkan untuk siapapun yang melakukannya. Selain sebagai sarana liburan dan jalan-jalan, mudik juga mempunyai tujuan yang utama yaitu merayakan hari raya bersama dengan keluarga yang kita sayangi. Namun waspada terhadap beberapa penyakit yang bisa mencuri kesehatan anda pada saat mudik.

Ada tiga penyakit yang selalu muncul pada saat mudik tiba. Penyakit tersebut adalah infeksi saluran kemih, diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premiere Bintaro, T. Bahdar Johan, menunda keinginan buang air kecil akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Untuk itu untuk mencegah penyakit ini sangat disarankan untuk tidak lagi menahan keinginan buang air kecil selama perjalanan.

ISPA sendiri disebabkan oleh virus Influenza, yang dapat menyebar di fasilitas umum dan alat transportasi, misalnya pegangan bus, pegangan kereta, ATM, dan lainnya. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan masker agar tidak menularkan kuman kepada orang lain. dan juga selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sederhana melakukan PHBS adalah selalu membiasakan cuci tangan dengan sabun antikuman.

Selain itu penyakit diare juga sering terjadi menerpa para pemudik. Diare disebabkan bakteri E. Coli, yang dapat menyebar bila penderita diare memegang sarana fasilitas umum, sehingga E. Coli bisa berpindah. Nah, jika orang yang sehat melakukan kontak dengan fasilitas umum tersebut, maka kuman dapat berpindah ke orang tersebut. Apabila apabila seseorang mengalami diare di perjalanan, maka pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah meminum oralit untuk mengatasi kekurangan cairan dan kemudian segera dibawa ke fasilitas layanan kesehatan.



 

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami