67 Tahun Merdeka, Suara Indonesia Makin Didengar Dunia

Nasional / 17 August 2012

Kalangan Sendiri

67 Tahun Merdeka, Suara Indonesia Makin Didengar Dunia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2172

Jelang perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-67, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa suara Indonesia semakin didengar dan diperhitungkap oleh dunia. Indonesia dianggap memiliki kontribusi yang nyata dalam dunia, yaitu dengan berkiprah dalam berbagai organisasi internasional dan menjadi bagian dari solusi.

"Suara kita semakin didengar dan diperhitungkan. Atas berbagai permasalahan dunia, semakin sering kita dimintai pendapat, 'What does Indonesia think?. Hal ini membuktikan, sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, kita dapat berdiri tegak di kancah internasional," kata Presiden ketika menyampaikan Pidato Kenegaraan pada HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung Kompleks Parlemen, Jakarta, seperti dikutip dari laman Kompas pada Kamis (16/8).

Indonesia aktif dalam memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina untuk merdeka dan berdaulat. Ini merupakan bentuk konkrit untuk menciptakan keamanan di kawasan Timur Tengah yang dinilai sungguh mengkhawatirkan. Menurut SBY, Indonesia tidak ingin melihat tragedi kemanusiaan terus berlanjut. Secara aktif, saat PBB memutuskan untuk mengirimkan tim pengamat, Indonesia langsung menempatkan sejumlah Perwira pengamat militer sebagai bagian dari tim tersebut.

"Dalam berbagai kesempatan, untuk mengurangi ketegangan di Suriah, kita telah mengusulkan adanya mandat baru PBB di bawah bab 7 Piagam PBB atau bab 6 plus, yang memiliki kewenangan untuk dapat segera menghentikan konflik dan jatuhnya korban jiwa, tanpa memperdebatkan isu menyangkut alih kekuasaan di Suriah," ungkap SBY.

Keaktifan Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia memang perlu dibanggakan, namun akan lebih membanggakan lagi jika pemerintah memprioritaskan untuk menjaga perdamaian di dalam negeri. Karena sebagaimana kita tahu bahwa masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang sering bergejolak, hal ini haruslah menjadi refleksi dalam peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-67 ini.

 

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami