Foke Dilaporkan Panwaslu Karena

Nasional / 15 August 2012

Kalangan Sendiri

Foke Dilaporkan Panwaslu Karena "Lo Nyolok Siapa?"

Puji Astuti Official Writer
3296

Karena pernyataan Fauzi Bowo atau yang akrab disapa Foke dianggap mengintimidasi, Relawan Buruh untuk Jakarta Baru beserta korban kebakaran Karet Tengsin melaporkan calon gubernur [kamus]incumbent[/kamus] tersebut kepada Panwaslu.

Laporan Relawan Buruh dan korban kebakaran Karet Tengsin ini berdasarkan kejadian saat Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengunjungi para korban kebakaran Karet Tengsin. Saat itu Foke dengan gaya bicaranya yang khas menyapa penduduk, “Sekarang lo nyolok siapa? Kalau nyolok Jokowi mending mah bangun di Solo aja sono.”

Pernyataan yang terekam kamera televisi dan menjadi pemberitaan nasional tersebut menimbulkan beragam reaksi dari warga Jakarta, terlebih saat video tersebut tersebar di jejaring sosial dunia maya.

Menurut Surya Tjandra, salah satu tim Relawan Buruh, pernyataan Foke saat itu sama sekali tidak menunjukkan simpati kepada rakyatnya yang sedang mengalami musibah. Selain itu, pernyataan tersebut juga mengandung unsure kekerasan dan intimidasi structural dari seorang kepala daerah yang juga sebagai calon incumbent dalam pilkada kepada warganya yang seharusnya dilayani dengan baik tanpa persyaratan seperti yang diucapkan Foke.

“Pernyataan Foke tersebut dapat dimaknai sebagai upaya untuk menguntungkan dirinya sendiri sebagai calon dan merugikan pesaingnya,” demikian pernyataan Surya yang dikutip oleh Beritasatu.com.

Karenanya pernyataan Foke tersebut melanggar pasal 80 UU no.32/2004. Untuk itu Relawan Buruh untuk Jakarta Baru beserta korban kebakaran Karet Tengsin mendesak Panwaslu untuk memproses laporan tersebut sehingga Pilkada DKI putaran kedua yang akan berlangsung pada bulan September 2012 nanti dapat berjalan dengan baik dan kedua calon dapat bersaing dengan sehat.

Baca juga : 

Kisah Nyata Domini Budianto : Kematian Anak Membawa Kebaikan

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Menghargai Pertemanan Masing-Masing Pasangan

Inilah Obat-Obatan yang Perlu Dibawa Sebelum Pergi Mudik Lebaran

Sumber : Beritasatu.com| Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami