HUT RI di Istana Habiskan Dana 7.8 Miliar

Nasional / 15 August 2012

Kalangan Sendiri

HUT RI di Istana Habiskan Dana 7.8 Miliar

Lois Official Writer
2060

Anggaran ini bisa dibilang sungguh luar biasa dan fantastis, apalagi mengingat bahwa digunakan untuk acara seremonial kenegaraan. “HUT RI yang akan dirayakan oleh Istana Kepresidenan RI untuk tahun 2012 ini saja akan menghabiskan anggaran dalam bentuk HPS (Harga Perkiraan Sendiri) sebesar Rp 7.830.134.700,” ujar Koordinator Investigasi Dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi kepada wartawan di DPR RI, Jakarta Selasa (14/8) kemarin.

Anggaran ini terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Yang paling banyak dihabiskan untuk pengadaan souvenir yaitu sebesar Rp 1.7 miliar. Untuk sewa AC standing floor, cooling fan, CCTV, dan kamera shooting Rp 1.1 miliar. Untuk sewa pemasangan dan pembongkaran tenda plampang (flooring), kursi dan meja sebesar Rp 829 juta.

Ketiga anggaran di atas adalah anggaran terbesar. Selain itu, ada juga anggaran untuk pembuatan dekorasi dan pembongkarannya Rp 818 juta. Pengadaan pakaian Rp 778 juta. Sistem tata suara menghabiskan anggaran sebesar Rp 629 juta. Penyediaan makanan dan minuman Rp 440 juta dan ditambah pengadaan jamuan snack box Rp 180 juta. Pembuatan baliho Rp 431 juta, pengadaan bendera dan umbul-umbul Rp 241 juta. Pembuatan sketsel dan partisi gudang sponsor Rp 241 juta serta barang cetakan Rp 186 juta.

“Seharusnya kemerdekaan yang kita rayakan tahun ini maknanya tidak lagi dicederai oleh anggaran negara yang hanya dinikmati oleh pejabat publik,” kritik Uchok. Apakah ini penggunaan uang negara yang berlebihan ataukah sudah sepantasnya? Hanya masyarakat Indonesia yang bisa bicara karena berasal dari merekalah uang itu.

 

Baca Juga :

Resep Ketupat Sayur Menjelang Lebaran

Menikmati Tuaian di Masa Tua

Beli CD The Messenger dan Jadilah Berkat Bagi Anak Jalanan

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami