Pertarungan Jokowi VS Foke = Pertarungan Rakyat VS Partai

Nasional / 15 August 2012

Kalangan Sendiri

Pertarungan Jokowi VS Foke = Pertarungan Rakyat VS Partai

Lois Official Writer
3362

Partai-partai besar banyak yang bergabung dengan kubu Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Dengan bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke kubu Foke, maka tidak ada lagi partai besar yang tersisa. Namun, hal itu ditanggapi santai oleh Joko Widodo, lawan Foke-Nara yang berpasangan dengan Ahok.

“Kami menghargai sikap partai yang mendukung ke sana. Kami jadikan sebagai semangat. Saya optimistis, semut bisa mengalahkan gajah. Putaran kedua petarungan sesungguhnya antara rakyat dan partai,” jelas Jokowi di Solo. Dia optimis, meski dirinya dikepung partai-partai besar, namun dengan dukungan rakyat dia bisa memenangkan pilgub. Apapun hasil yang diperoleh dalam putaran kedua nanti, Jokowi mengaku tidak akan mempermasalahkannya.

Sebelumnya, Foke telah mendapat dukungan dari partai besar lainnya seperti Partai Golkar dan PPP meskipun di dalam partai Golkar ada perpecahan karena ternyata Jusuf Kalla memberikan dukungannya secara terang-terangan kepada Jokowi. Tentu saja, putaran kedua ini akan berlangsung panas, menurut Bactiar Aly, pengamat politik Universitas Indonesia (UI). “Ini pasti akan all out. Jokowi dengan caranya turun ke lapangan. Foke mengubah gaya pendekatannya pasti akan ada pengaruhnya. Putaran kedua pasti lebih panas,” katanya.

Dia menilai keunggulan di atas 10 persen suara yang diraih pasangan Jokowi-Ahok kemungkinan tidak akan terjadi lagi. Sementara itu, menurutnya, isu SARA yang dihembuskan juga tidak mempengaruhi dukungan masyarakat terhadap Jokowi-Ahok lantaran pemilih di Jakarta lebih pintar dan melek terhadap informasi. Mengingat putaran kedua akan berlangsung lebih panas, Bachtiar mengingatkan kedua pasangan agar siap menang dan siap kalah. Pasangan calon harus bisa membawa simpatisan masing-masing agar tidak berbuat anarkis.

Kurang lebih sebulan lagi Pilkada Putaran Kedua akan berlangsung, tentunya sampai saat ini susah diprediksi siapa yang akan jadi pemenangnya. Siapapun dia orangnya, tentunya masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, berharap yang terbaik.

 

Baca Juga :

Video : Belajar Arti Sahabat dari Sa Kecil

Dari Sahabat Jadi Pasangan Hidup

Resep Ketupat Sayur Menjelang Lebaran

Sumber : okezone by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami